Sembako Gratis untuk Masyarakat Terdampak COVID-19 di Tanjungpinang Mulai Dibagikan

dprd kota panjang
Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mulai membagikan paket sembako gratis untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19. Penyerahan awal sembako gratis di hari pertama Ramadan ini dilakukan secara simbolis di empat kecamatan setempat, Jumat (24/4).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mulai membagikan paket sembako gratis untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Penyerahan awal sembako gratis di hari pertama Ramadan ini dilakukan secara simbolis di empat kecamatan setempat, Jumat (24/4).

Kegiatan penyerahan secara simbolis ini dilakukan secara sederhana dan singkat. Diawali dari Kecamatan Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Timur, Bukit Bestari dan terakhir di Tanjungpinang Barat.

Sistem penyerahan simbolis ini juga dihadiri oleh perwakilan yang terdiri dari dua orang masing-masing kelurahan.

Plh Walikota Tanjungpinang Rahma, didampingi Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari dan Anggota DPRD Kota Tanjungpinang memberikan secara simbolis di masing-masing kantor camat.

“Ini sebagai upaya mengurangi kerumunan dan keramaian,” kata Plh Wali Kota Tanjungpinang Rahma.

Sesuai data yang diperoleh melalui Dinas Sosial Tanjungpinang, sebanyak 18.958 paket sembako gratis akan diberikan.

Dalam sambutannya Rahma menuturkan, sembako ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Tanjungpinang kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Mungkin bantuan ini belum seberapa, namun ini sebagai upaya pemerintah agar masyarakat dapat terbantu dengan kondisi sulit seperti ini akibat COVID-19. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kita sama-sama berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga kita dapat menjalankan ibadah puasa dan aktivitas lainnya kembali seperti sediakala,” papar Rahma.

Selain itu, ia juga mengatakan sistem pembagian sembako tersebut secara teknis akan disampaikan oleh masing-masing kelurahan sesuai dengan data yang telah diverifikasi.

Rahma juga mengatakan pembagian sembako tersebut juga langsung ke rumah masyarakat dengan pendampingan RT, RW, TNI, Polri dan kelurahan.

“Bapak dan ibu tunggu di rumah saja, akan ada tim yang akan mengunjungi rumah warga seperti RT, RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta lurah yang akan menyambangi warganya. Jadi tidak perlu lagi mengantri di kantor lurah,” pesan Rahma.

Berikut adalah jumlah paket sembako tahap 1 yang disediakan melalui Dinas Sosial Kota Tanjungpinang.

Kecamatan Bukit Bestari sebanyak 6.071 paket yang terdiri dari Kelurahan Dompak 882 paket, Kelurahan Tanjungpinang Timur 1.135 paket, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti 593 paket, Kelurahan Sungai Jang 1.235 paket dan Kelurahan Tanjung Unggat 2.226 paket.

Kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 7.463 paket yang terdiri dari Kelurahan Batu Sembilan 1.742 paket, Kelurahan Melayu Kota Piring 1.848 paket, Kelurahan Air Raja 921 paket, Kelurahan Pinang Kencana 2.348 paket dan Kelurahan Kampung Bulang 604 paket.

Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 1.624 paket yang terdiri dari Kelurahan Tanjungpinang Kota 308 paket, Kelurahan Penyengat 259 paket, Kelurahan Kampung Bugis 459 paket dan Kelurahan Senggarang 598 paket.

Di Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 3.800 paket yang terdiri dari Kelurahan Tanjungpinang Barat 1.858 paket, Kelurahan Kemboja 844 paket, Kelurahan Kampung Baru 536 paket dan Kelurahan Bukit Cermin 562 paket.

Paket sembako tersebut saat ini sedang didistribusikan ke masing-masing kantor lurah dan akan dibagikan ke masyarakat sesuai dengan data yang telah diterima melalui Dinas Sosial dari masing-masing kelurahan berdasarkan data dari RT dan RW.

(*)