Pemko Tpi

Sekolah Daring, Siswa dan Guru Dapat Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Atmadinata. Foto: dokumen LintasKepri.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Sekolah dalam jaringan (daring) di tengah pandemi COVID-19, siswa dan guru mendapatkan kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Atmadinata, mengungkapkan, Kemendikbud akan memberikan kuota internet gratis kepada seluruh siswa dan guru di seluruh Indonesia termasuk Kota Tanjungpinang.

“Pemberian kuota gratis ini oleh Kemendikbud untuk proses belajar mengajar secara daring tingkat SD dan SMP,” ucap Atmadinata dihubungi LintasKepri, Senin (7/9).

Dia menjelaskan, besaran kuota yang akan diterima siswa sebesar 35 GB perbulan. Untuk guru 42 GB perbulan. Anggaran yang dikucurkan Kemendikbud untuk kuota internet gratis ini sebesar Rp7,2 triliun untuk SD, SMP dan SMA/SMK sederajat se-Indonesia.

“Kita sudah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP se-Tanjungpinang untuk menginput data nomor handphone peserta didik (siswa) dan guru,” ucap Atmadinata.

Nomor peserta didik dan guru saat ini sedang diinput menggunakan dapodik. Kuota internet gratis itu nantinya Kemendikbud yang langsung mengirimkannya.

“Penerima kuota internet gratis dari Kemendikbud ini sesuai dengan data yang diinput,” sebut Atmadinata.

Menurutnya, program bantuan ini untuk membantu keluarga yang tidak mampu. Selain itu, bantuan kuota internet gratis juga bertujuan memperlancar proses belajar mengajar daring.

(cho)