Satbinmas Polres Natuna Beri Penyuluhan Kamtibmas kepada Siswa/i MAN 1 Natuna

Kasat Binmas Polres Natuna, Iptu Sudiono saat menyampaikan pesan Kamtibmas kepada siswa-siswi MAN 1 Natuna.

Kasat Binmas Polres Natuna, Iptu Sudiono saat menyampaikan pesan Kamtibmas kepada siswa-siswi MAN 1 Natuna.

Natuna, LintasKepri.com – Demi terciptanya situasi yang kondusif menjelang pelaksanaan pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, pada 20 Oktober 2019 mendatang, Polisi Resort (Polres) Natuna, melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas), terus melakukan upaya penyuluhan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) kepada masyarakat maupun para pelajar yang ada di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Salah satunya penyuluhan Kamtibmas yang dilaksanakan oleh Satbinmas Polres Natuna, di Sekolah Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 1 Natuna, yang beralamatkan di Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, pada Kamis (17/10/2019) pagi.

Kepala Satbinmas Polres Natuna, Iptu Sudiono menjelaskan, bahwa pihaknya telah melaksanakan penyuluhan Kamtibmas disejumlah sekolah tingkat SLTA, yang tersebar di Pulau Bunguran Besar, Kabupaten Natuna. Hal itu dimaksudkan agar para pelajar tidak ikut dalam aksi unjuk rasa anarkis, yang dapat mengganggu kondusifitas Kamtibmas diwilayah hukum Polres Natuna.

Satbinmas Polres Natuna foto bersama para Guru dan Murid MAN 1 Natuna.

Satbinmas Polres Natuna foto bersama para Guru dan Murid MAN 1 Natuna.

“Kami mengajak para siswa-siswi untuk tidak terpengaruh dengan mengikuti kegiatan demo yang tidak seharusnya mereka lakukan. Karena tugas seorang siswa-siswi itu adalah belajar. Dan kelak mereka akan menjadi generasi penerus bagi bangsa ini,” terang Sudiono.

Selain itu, pihak Kepolisian juga tidak ingin para anak-anak usia pelajar, terjerumus akan penyalahgunaan Media Sosial (Medsos), yang dapat menjerat mereka dengan undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Kami menghimbau kepada para pelajar agar bijak dalam menggunakan media sosial. Dan bisa menyaring berita hoax, yang dapat menimbulkan perpecahan,” kata Sudiono.

Para Guru MAN 1 Natuna, saat mendengarkan Penyuluhan Kamtibmas dari jajaran Satbinmas Polres Natuna.

Para Guru MAN 1 Natuna, saat mendengarkan Penyuluhan Kamtibmas dari jajaran Satbinmas Polres Natuna.

Lelaki asal Kota Solo Jawa Tengah itu menambahkan, bahwa kita semua harus senantiasa melawan adanya faham radikalisme dan terorisme. Mengingat belum lama ini telah terjadi penyerangan terhadap Menkopolhukan RI Wiranto, yang dilakukan oleh oknum terduga teroris, akibat terpengaruh faham radikalisme.

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat Natuna, supaya senantiasa menjaga kemanan dan ketentraman, demi mendukung pelantikan Presiden. Tak perlu kita ikut unjuk rasa atau demo yang anarkis. Menyampaikan pendapat dimuka umum itu memang sah-sah saja, namun juga ada aturannya, salah satunya tidak boleh anarkis,” pungkas Sudiono.

Dalam melaksanakan penyuluhan Kamtibmas di MAN 1 Natuna itu, Iptu Sudiono didampingi oleh dua orang anggotanya, yaitu Bripka Yan Rudinal dan Bripka Ermika.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top