Salurkan APD dan Bantuan Pangan di Batubi, Pesan Hamid Rizal : Jangan Berkumpul Dulu 

Sambutan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal.

Natuna, LintasKepri.com – Dalam lawatannya ke Kecamatan Bunguran Batubi, pada Kamis (09/04/2020) siang, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, meminta kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada terhadap virus Corona Deseae (Covid-19).

Hal ini ditekankan Hamid karena kondisinya semakin mengkhawatirkan. Bahkan kata dia, ada orang terpapar corona, namun tidak menunjukkan gejala seperti pilek, batuk maupun demam. Artinya, walaupun kelihatan sehat, belum tentu terbebas dari Covid-19.

“Orang Tanpa Gejala itu yang lebih mengkhawatirkan,” kata Hamid.

Karenanya, Hamid menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Natuna, agar selalu memakai alat pelindung diri seperti masker, ketika sedang melakukan aktifitas diluar rumah.

Foto bersama usai penyerahan bantuan.

Disamping itu, jangan mendekati kerumunan,
tidak melakukan kontak fisik dan menjaga jarak dengan orang asing. Selalu berperilaku hidup bersih dan sehat serta perbanyak melakukan kegiatan di rumah.

“Jangan berkumpul dulu, deh, bahaya,” sarannya.

Orang nomor satu di bumi Laut Sakti Rantau Bertuah itu mengatakan, apabila langkah ini dilakukan, akan dapat meminimalisir terjadinya penyebaran virus mematikan tersebut.

“Saya harap kita semua dapat mematuhi anjuran Pemerintah. Insyallah kita dan keluarga akan terlindungi dari terjangkitnya Covid-19,” harap dia.

Dalam kunjungannya, Hamid juga menyerahkan bantuan pangan berupa beras, Rapid Test dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada masyarakat dan tenaga kesehatan setempat.

Bupati Natuna saat menyerahkan bantuan APD secara simbolis kepada Camat Bunguran Batubi.

Hadir Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Natuna, Hj. Nurhayati Hamid Rizal, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sri Hariningsih, Kepala Dinas Kesehatan, Rizal Rinaldy, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Natuna, Defrizal serta Kepala Bagian Kerjasama.

Selain itu, juga dihadiri oleh Dandim 0318/Natuna Letkol Czi. Ferry Kriswardana, S.Sos., M.Tr (Han) sebagai Wakil I Satgas Covid-19 Natuna dan Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, SIK, sebagai Wakil II Satgas Covid-19 Natuna. Selain itu, hadir pula anggota Komisi III DPRD Natuna, Lamhot Sijabat.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Natuna, Hj. Nurhayati Hamid Rizal, menjelaskan, bahwa pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa masker, sarung tangan dan jas hujan kepada sejumlah masyarakat Natuna.

Wanita yang juga memimpin Forum Kabupaten/Kota Sehat (FKS) Natuna itu menghimbau kepada masyarakat di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah, agar senantiasa menjaga kebersihan usai melakukan berbagai pekerjaan. Terutama ketika hendak memasuki rumah maupun sebelum makan, diharapkan agar mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air yang mengalir.

Camat Bunguran Batubi, Said Muhammad Fadly, mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Daerah, terutama kepada Bupati dan pejabat Kabupaten lainnya, yang telah sudi menyambangi dan memantau warganya di Bunguran Batubi, meski ditengah resiko wabah Covid-19.

Fadly menuturkan, bahwa pihaknya telah menjalankan Instruksi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, dengan membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Bunguran Batubi.

Selanjutnya, ia menambahkan, bahwa ada dua Desa diwilayah mereka yang telah melakukan karantina wilayah, serta satu diantaranya telah mengalokasikan anggaran bagi penanganan Covid-19, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati beserta rombongan menyempatkan diri untuk meninjau lokasi karantina mahasiswa di SMPN 1 Bunguran Batubi.

Editor : Erwin Prasetio