Rio Terapkan Sistem Keuangan CMS di Desa Rantau Panjang

DPRD Lingga
Lingga Kab

Lingga, LintasKepri.com – Kepala Desa Rantau Panjang, Rio Diary Pratama, menerapkan sistem aplikasi Cash Management System (CMS) untuk pengelolaan keuangan Desa Rantau Panjang, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga.

“Era dunia yang semakin bergerak dinamis mau tidak mau Desa harus mampu beriringan dengan teknologi untuk itu saya mengambil langkah aplikasi CMS untuk pengolahan keuangan Desa,” tutur Rio kepada LintasKepri, Senin (20/9).

Rio kepala Desa baru dengan semangat muda dan semangat baru mengambil salah satu bentuk langkah maju dengan transparasi sistem aplikasi keuangan, transaksi sistem aplikasi ini yang bekerjasama dengan Bank Riau Kepri yaitu CMS.

Diketahui Rio Diary Pratama merupakan Kepala Desa terpilih Desa Rantau Panjang pada Pilkades 7 Agustus mengalahkan Noriman Kepala Desa pertahanan Desa Rantau Panjang.

“Ini adalah aplikasi untuk pengelolaan transaksi sistem keuangan yang terintegrasi dan terkoneksi secara online serta real time tanpa ada batasan lokasi maupun waktu dan tanpa ketergantungan secara fisik dengan bank,” beber Rio sapaan akrab kesehariannya.

Rio menambahkan, ini akan menjadi perhatian lebih, selaku Kepala Desa untuk saling mengawasi sistem keuangan yang nantinya selain operator aplikasi, juga ad 3 level Approval dalam memverifikasi yaitu kaur keuangan, sekdes dan Kepala Desa.

“CMS dapat memberikan layanan serta manfaat seperti, informasi saldo, informasi rekening koran real time, pencetakan rekening koran,” sebutnya.

Dengan ini Kata Rio, Kepala Desa dapat memonitoring kondisi keuangan setiap waktu, pembayaran pajak online yang dapat terhubung langsung dengan DJP (Direktorat Jenderal Pajak).

Sementara itu Henny Aprianty Kaur keuangan, menyambut baik sistem keuangan CMS yang diterapkan kepala Desa baru.

“Aplikasi pada dasarnya bertujuan memberikan kita kemudahan serta fleksibelitas dalam bekerja, saat kami ingin mencetak rekening koran hal itu sudah bisa kami lakukan langsung di Kantor Desa tanpa harus ke pergi Bank Riau,” pungkasnya.

(fza)