Pemko Tpi

Replika Perjuangan Raja Haji Fisabilillah Tak Terawat, Diskominfo Berinisiatif Gotong Royong

Replika perjuangan Raja Haji Fisabilillah yang berada di belakang panggung Melayu Square Kota Tanjungpinang terlihat tak terawat.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Replika perjuangan Raja Haji Fisabilillah yang berada di belakang panggung Melayu Square Kota Tanjungpinang terlihat tak terawat.

Selain tak terawat dan tak terurus, di lokasi replika pahlawan nasional itu juga terlihat semak dipenuhi sampah, potongan pepohonan berserakan, dan rumput-rumput liar juga sudah tinggi.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanjungpinang berinisiatif membersihkan tempat itu secara gotong royong.

“Inisatif kita untuk melakukan pembersihan (gotong royong) meskipun ini bukan tugas dan tanggung jawab Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Tanjungpinang,” kata Kepala Diskominfo Kota Tanjungpinang, Abdul Kadir Ibrahim, Kamis (8/10).

Replika perjuangan Raja Haji Fisabilillah yang berada di belakang panggung Melayu Square Kota Tanjungpinang terlihat tak terawat.

Dia menilai, gotong royong dilakukan untuk menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah yang telah dibangun oleh pimpinan-pimpinan terdahulu.

Selain itu, sambung Akib (sapaan akrabnya), lokasi replika juga salah satu objek wisata.

“Namun sayang banyak yang tidak mengetahui karena tertutup oleh panggung dan tidak bersih,” tuturnya.

Replika, kata Akib, juga salah satu objek wisata yang harus dilestarikan mengingat di Kepri ada tiga pahlawan nasional dari kerajaan Johor-Lingga.

“Kita ingin bila ada revitalisasi, panggung yang ada dibawah ini dirobohkan dan dipindahkan ke samping agar relief dapat terlihat oleh masyarakat hingga wisatawan saat datang ke Tanjungpinang,” paparnya.

Kedepan, Akib meminta instansi terkait lebih memperhatikan lokasi itu.

Kegiatan gotong royong itu sendiri diikuti oleh seluruh pegawai Diskominfo Kota Tanjungpinang.

(cho)