Pemko Tpi

“Razia Perut Lapar” Berbuah Penghargaan, Pesan Ibu yang Tunanetra ke Bripka Zulhamsyah Bikin Haru

– Polisi Berhati Mulia yang Dicintai Masyarakat dengan Kegiatan “Razia Perut Lapar”

Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando (kiri) dan Bripka Zulhamsyah Putra (kanan) saat menyerahkan penghargaan di Mapolres Tanjungpinang, Selasa (27/4).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Bripka Zulhamsyah Putra mendapatkan penghargaan dari Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, Selasa (27/4).

Polisi berhati mulia yang terkenal dengan kegiatan “Razia Perut Lapar” ini tak menyangka menerima penghargaan saat apel pagi jam pimpinan di halaman Mapolres Tanjungpinang yang diserahkan langsung oleh Kapolres.

Ia juga tak menyangka kegiatan yang dibuatnya itu berbuah manis dan dicintai oleh masyarakat Tanjungpinang.

Sebelumnya Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman juga pernah meninjau langsung “Razia Perut Lapar” di pintu masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura, Senin (22/2) siang lalu.

Dengan berjalan kaki dari Gedung Daerah Tanjungpinang, Aris langsung menuju mobil Suzuki Katana Hitam jenis Jeep milik Zulhamsyah yang digunakan sebagai tempat ia melayani masyarakat yang terkena “Razia Perut Lapar”.

Perwira bintang dua tersebut saat itu langsung memberikan tali asih ke Zulhamsyah disaksikan langsung istri tercinta, Findianita.

Aris mengaku salut yang dilakukan oleh Zulhamsyah bersama istri. Menurut Kapolda Kepri ini, kegiatan yang dilakukan oleh anggota Polres Tanjungpinang itu bisa menjadi contoh bagi polisi lainnya.

“Ini bagus dapat menjadi contoh untuk anggota saya. Saya terkejut ketika mendapat kabar bahwa anggota saya berjualan nasi yang harganya Rp1000 atau seikhlasnya. Dia (Zulham) ikhlas membantu masyarakat dan ada rasa kepeduliannya,” katanya.

Zulham yang menjabat Ps Panit Intelkam di Polsek Kawasan Khusus Pelabuhan (KKP) Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, bersyukur atas penghargaan yang diraih.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali kepada Allah SWT karena pimpinan saya Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando memberikan penghargaan atas inovasi kegiatan sosial yang menyentuh langsung ke masyarakat,” katanya.

Zulham juga berterima kasih kepada seluruh PJU Polres Tanjungpinang yang sudah mendukung serta mendoakan kegiatan “Razia Perut Lapar”.

Penghargaan yang diberikan oleh pimpinannya itu juga dihadiahkan untuk ibunya. Zulham sempat meneteskan air mata ketika menceritakan kepada ibunya, Misritawati, bahwa ia dihubungi oleh pihak Polres Tanjungpinang soal mendapatkan penghargaan.

“Saat saya menceritakan kepada ibu saya bahwa saya diberikan penghargaan oleh Kapolres, ibu saya menangis, terharu, dan sangat bahagia,” ungkapnya.

Ibunya itu selalu menyebut kepada Zulham jika menolong orang agar selalu ikhlas. Selain itu juga mengharapkan rida dari Allah SWT.

“Biar berkah. Ini salah satu hadiah dari Allah SWT sehingga pimpinanmu juga tersentuh hatinya untuk mu nak. Itu semua juga karena doa dari orang-orang yang kau beri makan setiap hari nak. Semoga Allah SWT selalu melindungi mu di dunia dan akhirat,” kata Zulham menirukan ucapan ibunya.

Bripka Zulhamsyah Putra mendapatkan penghargaan dari Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, Selasa (27/4). Polisi berhati mulia yang terkenal dengan kegiatan “Razia Perut Lapar” ini tak menyangka menerima penghargaan saat apel pagi jam pimpinan di halaman Mapolres Tanjungpinang.

Walaupun ibunya tidak bisa melihat penghargaan yang ditandatangani oleh Kapolres, Zulham membacakan isi tulisannya sambil menahan tangis di depan wanita yang telah melahirkannya itu.

Ia menahan tangis karena melihat senyum cantik ibunya dihiasi selang oksigen yang masih terpasang di hidung sambil sesekali menahan sakit jantung.

“Doa ku hanya satu kepada Allah SWT yakni kesembuhan untuk ibuku dan diberikan umur yang panjang hingga bisa terus membahagiakannya. Amiin YRA,” tutur Zulham.

Dia juga mendoakan agar seluruh anggota Polres Tanjungpinang tetap bisa berprestasi dan berinovasi dalam melayani hingga membantu masyarakat.

Kegiatan mulia itu tidak menyangkut dan mengganggu kedinasannya sehari-hari. Bripka Zulham menolong dan membantu masyarakat atas inisiatif sendiri.

Sementara itu, selaku pimpinan di Polres Tanjungpinang, AKBP Fernando mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Bripka Zulhamsyah Putra.

“Dan hari ini ada satu orang personel Polres Tanjungpinang yang berdinas di Polsek Pelabuhan, Bripka Zulham kita berikan penghargaan karna inovasinya dalam membantu masyarakat dengan melakukan kegiatan “Razia Perut Lapar” membayar 1000 rupiah sudah bisa mendapatkan makanan beserta lauk pauk setiap hari,” paparnya.

Perwira melati dua ini pun langsung merekomendasi ke tingkat Polda Kepri agar Zulham diberi penghargaan yang sama.

“Kita akan mengirimkan rekom ke tingkat Polda agar dapat diberikan penghargaan yang sama sehingga bisa memotivasi personel lainnya untuk ikhlas membantu masyarakat. Jika masyarakat sudah mencintai apa yang kita lakukan, maka pimpinan juga akan memberikan reward (penghargaan) sebagai bentuk dukungan kinerja yang baik di lapangan dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujar Fernando.

Bripka Zulham yang tinggal di kota kecil Tanjungpinang ini menunjukkan keharuman namanya. Ternyata dia sudah dikenal skala nasional dan internasional. Beberapa orang yang tinggal di negara Maroko, Dubai dan Taiwan ada yang menghubunginya berkat kegiatan mulia tersebut.

Media televisi nasional, media daring lokal, dan RRI pun ikut serta memberitakan polisi berhati mulia ini dalam kegiatan “Razia Perut Lapar” di sejumlah wilayah Tanjungpinang-Bintan sejak Februari 2021.

(dar)