Ratusan Rumah Warga Kampung Tanjung Kapur Bintan Terganggu Hama Lalat

Diduga Berasal dari Limbah Kandang Ayam PT JAPFA

Ratusan Rumah Warga Kampung Tanjung Kapur Bintan Terganggu Hama Lalat
Ketua RT 04 Kampung Tanjung Kapur, Robi. Foto; Lintaskepri/Ink

Lintaskepri.com, Bintan – Ratusan rumah warga di Kampung Tanjung Kapur, Kawal, Bintan, di serang hama lalat. Diduga hama lalat berasal dari limbah kandang ayam milik PT JAPFA.

Ketua RT 04 Kampung Tanjung Kapur, Robi, mengungkapkan warga sudah mengeluhkan hama lalat limbah ini selama setahun terakhir. Lalat ini semakin banyak saat musim panen ayam tiba, mengganggu aktivitas warga.

“Sudah setahun ini hama lalatnya makin marak, namun beberapa hari ini semakin banyak, warga banyak mengadu akan hal ini kepada saya,” jelas Robi, Kamis (4/7/2024).

Warga bahkan merasa tidak nyaman saat makan karena lalat ini juga hinggap hingga ke dalam kulkas.

“Lalat-lalat ini juga hinggap ke dalam kulkas, sehingga warga kami harus membersihkan kulkasnya dua hari sekali,” tambah Robi.

Sebagai kompensasi, pihak perusahaan reportedly memberikan pupuk kepada warga untuk dijual kembali. Namun, Robi mengatakan hal ini tidak sepadan dengan gangguan yang di alami warga.

“Warga ada dapat kompensasi berupa pupuk yang akan di jual kembali oleh warga, kita harap ada solusi dari perusahaan hingga pemda sendiri,” tutupnya. (Ink)

Editor: Ism