Pemko Tpi

Pusat Studi Antar Kawasan Tanam 200 Bibit Pohon di Hutan Lindung

H Lis Darmansyah SH, saat acara penanaman bibit pohon di hutan lindung (16/08).
H Lis Darmansyah SH, Walikota Tanjungpinang saat acara penanaman bibit pohon di hutan lindung (16/08).

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Pesatnya pembangunan di kota tanjungpinang saat ini, sangat berpengaruh terhadap resiko terjadinya bencana di wilayah kita, hal itu, terjadi karena kurangnya kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar.

“ Menjaga dan melestarikan lingkungan bukan saja menjadi tanggungjawab pemerintah, akan tetapi tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, untuk itu, marilah kita peduli terhadap lingkungan, kita mulai dengan menanam pohon di perkarangan rumah, tanamlah pohon yang bisa memberikan manfaat bagi kita semua “, Ajak Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, saat memberikan sambutan pada acara Jalan Santai dan Menanam “ Go Green “, sampena menyambut HUT ke-70 Kemerdekaan RI.

Penanaman 200 bibit pohon yang digagas oleh Pusat Studi Antar Kawasan (Pusaka) Kelurahan Tanjungpinang Timur, berlangsung di Lapangan Hutan Lindung Bukit Kucing, Tanjungpinang, Minggu (16/8) pagi.

“Dulunya kota Tanjungpinang tidak pernah mengalami banjir dan kekeringan, tapi sekarang mengapa hal itu bisa terjadi,? Karena kita mengabaikan lingkungan yang kita anggap sudah tidak penting lagi, kawasan hijau ditebangi untuk dirikan bangunan, sementara pohon-pohon tidak kita tanam kembali, sumber resapan air tidak ada lagi dan akibatnya berdampak pada kita semua, dalam hal ini, pemerintah melalui Dinas KPPKE, siap menyediakan pohon bagi masyarakat yang mau menanam pohoin di halaman rumahnya, butuh pohon apa saja, silahkan hubungi Dinas KPPKE.” tutur Lis.

Lis mengharap, warga di kawasan hutan lindung bisa menjadi pelopor dan penggerak menjaga lingkungan, serta membudayakan gerakan menanam pohon.

Sebelumnya, Ketua Pusaka Kota Tanjungpinang, Desrian Effendi, S. Sos, MPM, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk, meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya menanam pohon, “ Budayakanlah menanam pohon, pohon-pohon yang kita tanam nantinya akan tumbuh subur,  yang dapat mencegah terjadinya bencana serta pemanasan global,” katanya.

“Memaknai hari kemerdekaan, tidak hanya momentum mengenang jasa para perjuangan bangsa Indonesia, melainkan merupakan kesempatan emas untuk meninjau kembali hal-hal yang telah kita lakukan dalam mengisi kemerdekaan,” jelasnya.

Acara yang mengikutsertakan masyarakat tersebut, dimeriahkan dengan penarikan udian doorprize, berbagai hadiah pun disediakan oleh panitia, seperti sepeda gunung, televisi, serta hadiah hiburan menarik lainnya. Tak hanya itu saja, Lis juga memberikan bonus khusus darinya, untuk warga sekitar.

Kegiatan itu turut dihadiri, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah, dilingkungan pemko tanjungpinang, serta warga di wilayah hutan lindung.(Hum/Red)