disdik kota

Polisi Satu Ini Selalu Bikin Geleng-geleng Kepala, Lihat yang Dilakukan !!

Briptu Mudiyanto saat melayani pengunjung yang ingin membaca buku, bermain edukasi dan mewarnai gambar.
Briptu Mudiyanto saat melayani pengunjung yang ingin membaca buku, bermain edukasi dan mewarnai gambar.

Natuna, LintasKepri.com – Sambil menyelam minum air. Mungkin pribahasa tersebut sangat pas disematkan kepada Bhabinkamtibmas Ranai, Briptu Mudiyanto.

Ya, Anggota Kepolisian dari Polsek Bunguran Timur, Polres Natuna itu, acap kali membuat masyarakat bahkan pimpinannya geleng-geleng kepala.

Betapa tidak, disela-sela tugasnya sebagai aparat keamanan disuatu wilayah tingkat Kelurahan, pria berdarah Jawa itu masih saja menyempatkan diri untuk berbuat amal yang bermanfaat bagi daerah dan masyarakat diwilayah binaannya.

Baru-baru ini, ia kedapatan membuka lapak rumah baca Bhabinkamtibmas Ranai, disekitar areal pagelaran Pekan Expo Natuna 2019, yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Sri Serindit, Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur.

Briptu Mudiyanto foto bersama siswa-siswi sekolah dasar, yang berkunjung untuk membaca buku dan mewarnai di lapak Taman Baca Bhabinkamtibmas Ranai.
Briptu Mudiyanto foto bersama siswa-siswi sekolah dasar, yang berkunjung untuk membaca buku dan mewarnai di Taman Baca Bhabinkamtibmas Ranai.

“Kebetulan saya jaga dilokasi Pekan Expo Natuna dari pagi sampai malam, selama kegiatan berlangsung. Saya meminta izin kepada panitia untuk membuka Taman Bacaan di area Pekan Expo, dan Alhamdulillah pihak panitia mengizinkan serta mensuport kegiatan saya,” ujar Briptu Mudiyanto kepada LintasKepri.com, Kamis (10/10/2019) siang.

Selain membuka Taman Bacaan secara gratis, pria yang gemar melakukan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan itu, juga membuka permainan ular tangga edukasi, dengan ukuran raksasa.

“Selain itu juga ada kegiatan mewarnai gambar, yang saya sediakan secara gratis bagi para pengunjung, khususnya anak-anak. Nanti setelah mereka selesai mewarnai, gambarnya boleh dibawa pulang,” terang Mudiyanto.

Kata dia, antusiasme warga yang datang berkunjung sangat ramai. Bahkan setiap harinya 100 lembar gambar dengan berbagai karakter tokoh animasi, selalu ludes oleh para pengunjung, yang didominasi oleh anak-anak.

Tampak Taman Baca Bhabinkamtibmas Ranai dikerumuni para pengunjung.
Tampak Taman Baca Bhabinkamtibmas Ranai dikerumuni para pengunjung.

“Ini murni dari inisiatif saya sendiri mas, namun saya laporkan kepada pimpinan. Dan Alhamdulillah pimpinan sangat mendukung kegiatan ini. Terutama Bapak Kapolres Natuna, beliau sangat mensuport,” tuturnya.

Taman Bacaan dan Permainan Edukasi yang ia buka didepan posko keamanan diarea Pekan Expo Natuna itu, mulai dibuka sekitar pukul 14:30 hingga pukul 17:30 Wib.

“Jadi sambil jaga, sambil buka stand Taman Bacaan. InshaAllah ini akan saya buka selama Pekan Expo berlangsung. Tapi lihat kondisi cuaca juga, karena tempatnya terbuka, tidak ada atapnya,” ujarnya.

Briptu Mudiyanto mengaku, bahwa buku beserta alat tulis yang disediakannya untuk mewarnai itu, disisihkan dari hasil gajinya sebagai anggota Kepolisian. Meski terkadang juga ada bantuan buku yang diterimanya dari sumbangan masyarakat dan sejumlah lembaga lain.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh Briptu Mudiyanto tersebut, sebagai upaya yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), dalam mendukung Pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa, melalui program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku). Terutama bagi daerah yang terletak diwilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T), seperti Kabupaten Natuna.

Laporan : Erwin Prasetio