Pemko Tpi

Plt Gubernur Tetapkan Status Tanggap Darurat Covid-19 di Kepri

Plt Gubernur Kepri, Isdianto saat konferensi pers terkait Covid-19, Kamis (19/3), di Gedung Daerah Tanjungpinang.
Plt Gubernur Kepri, Isdianto saat konferensi pers terkait Covid-19, Kamis (19/3), di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Plt Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto, menetapkan status tanggap darurat terkait Covid-19 di wilayah setempat.

“Kita ketahui bahwa saat ini sudah ada satu orang yang positif Covid-19 yang di rawat/diisolasi di RSUP Raja Ahmad Thabib dan puluhan orang di karantina,” katanya, Kamis (19/3).

Menindaklanjuti Covid-19, Pemprov Kepri telah membentuk Gugus Tugas yang diketuai oleh Sekda. Adapun tugasnya yakni melayani kesehatan, area dan transportasi publik, pendidikan, komunikasi publik hingga karantina.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, menuturkan, hingga hari ini jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 40 orang.

“Sudah ada 40 orang yang PDP, dan 140 orang dalam pantauan (ODP) yang telah kita data se-Kepri,” tuturnya.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga telah dilakukan Pemprov Kepri. Antaranya melakukan penyemprotan disinfektan di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Sri Payung, angkutan umum, kantor dan mesjid.

“Kemudian mengintruksikan kantor pemerintah dan swasta, fasilitas umum, untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” katanya.

Menyediakan pembersih tangan di kantor-kantor dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui media cetak dan elektronik juga telah dilakukan Pemprov Kepri.

Masyarakat juga diimbau agar selalu waspada dan tidak panik, menjaga kesehatan.

“Bila tidak ada urusan yang mendesak dianjurkan untuk tidak keluar rumah,” pesan Isdianto.

(cho)