Pilkada di Tengah Pandemi, Pemprov Kepri Akan Bantu Masker dan Hand Sanitizer

Sekda Kepri Arif Fadillah.

Kepri, LintasKepri.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) berencana membantu masker dan hand sanitizer untuk mendukung tugas KPUD dan Bawaslu setempat dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang di tengah pandemi COVID-19.

“Insya Allah Pemprov akan membantu sekitar 100 ribu helai masker, termasuk hand sanitizer 40 ribu botol. Harus kita siapkan,” kata Sekda Kepri Arif Fadillah, Senin (22/6).

Mantan Sekda Kabupaten Karimun ini menjelaskan, masker dan hand sanitizer itu akan digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga rapat Pleno KPUD.

Menindaklanjuti ketersediaan masker dan hand sanitizer, Arif memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri untuk mengecek ketersediaan di gudang BPBD.

“Saya perintahkan Kepala BPBD untuk mengecek masker dan hand sanitizer kita yang ada di gudang. Agar bisa diakamodir,” ucap dia.

Dengan dibantunya masker dan hand sanitizer, Arif berharap Pilkada tahun ini dapat berjalan dengan lancar serta dapat mengurangi beban anggaran di KPUD dan Bawaslu.

“Jadi intinya, Pemprov dapat membantu menyediakan masker dan hand sanitizer. Insya Allah dapat mengurangi beban anggaran mereka,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KPUD Kepri, Widiyono Agung, membenarkan jika Pemprov Kepri akan membantu masker dan hand sanitizer.

Dia menjelaskan, KPUD Kepri sudah menyurati Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk meminta bantuan itu.

“Kita sudah menyurati Dinkes. Tapi masih belum bisa ketemu,” tutur Widiyono.

Selain itu, ia belum bisa memastikan berapa jumlah Alat Pelindung Diri (APD) yang akan digunakan pada Pilkada nantinya. Karena, masih dalam penghitungan bersama KPU RI.

“Belum tuntas, sekarang lagi daring dengan KPU RI,” ungkap Widiyono.

(san)