Perkuat Perbatasan, Yon Komposit I Gardapati Diresmikan

img-20180806-wa0028_1

Natuna, LintasKepri.com – Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Tri Widodo, secara langsung meresmikan Batalyon Komposit I Gardapati, di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pada Senin, (06/08/2018) siang.

Selain meresmikan Yon Komposit I, Jenderal bintang dua tersebut, juga melantik secara langsung Letkol (Inf) Ahmad Daud Harahap sebagai Komandan Yon Komposit I, sekaligus pengambilan alih komando pengendalian (Kodal) Kompi C dan Kompi D Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti.

img-20180806-wa0018_1

Dalam peresmian perdana Batalyon di Kodam I/BB, turut hadir Komandan Korem 033/WP, Brigjen TNI Gabriel Lema, Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri, Wakil Bupati Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti, Ketua DPRD Natuna, Yusripandi, sejumlah pimpinan FKPD, OPD dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ibnu Tri Widodo mengatakan, bahwa diresmikannya Yon Komposit I tersebut, untuk menambah gelar kekuatan di wilayah perbatasan NKRI diujung utara, yaitu Kabupaten Natuna.

img-20180806-wa0017_1

Sebagai daerah yang berbatasan dengan sejumlah negara di Asia Tenggara, membuat Natuna rawan akan adanya gangguan dari negara asing.

“Diharapkan dapat menangkal segala bentuk gangguan dari negara luar. Terutama penyelundupan barang-barang illegal ke Indonesia,” ungkap Ibnu Tri Widodo.

img-20180806-wa0029

Kata Ibnu, Kodam I/BB memiliki wilayah tugas yang sangat strategis. Pasalnya, jajaran TNI AD yang bermarkas besar di Sumatera Utara (Sumut) itu, membawahi 4 Provinsi, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

“Kodam I/ Bukit Barisan memiliki tugas yang sangat kompleks, dalam menjaga keamanan diwilayah Selat Malaka. Selat Malaka ini berpotensi mengancam keamanan Nasional,” katanya.

img-20180806-wa0022_1

Pangdam meminta, agar Danyon Komposit I yang baru saja dilantik beserta seluruh jajarannya, bisa mengemban amanah dengan baik. Sehingga bisa mengaplikasikan antara tugas dan tanggungjawabnya, sebagai garda terdepan NKRI disebelah utara.

“Ingat, tugas itu adalah sebuah kehormatan. Terus lakukan latihan secara rutin dan profesional, agar siap dioperasikan. Jaga solidaritas dan soliditas dengan antar satuan dan pemerintah, supaya bisa terus bersinergisitas dalam membangun dan menjaga Natuna,” pesan Pangdam I/BB, diakhir sambutannya.

img-20180806-wa0020_1

Usai upacara peresmian, Pangdam beserta rombongan langsung melaksanakan Istirahat, Sholat dan Makan (Isoma). Sebelum akhirnya kembali lagi ke Kodam I/BB di Sumatera Utara.

Batlyon Komposit I Gardapati Natuna, juga mendapatkan dana tanggap tugas sebesar Rp 100 juta, dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top