disdik kota

Peringatan HPN 2020 Diperbatasan Usung Tema “Dari Natuna Selamatkan Indonesia”

Deklarasi aksi kemanusiaan bertajuk Dari Natuna Selamatkan Indonesia,
Deklarasi aksi kemanusiaan bertajuk Dari Natuna Selamatkan Indonesia, warnai peringatan HPN ke 74 tahun 2020 di Kabupaten Natuna.

Natuna, LintasKepri.com – Tepat pada Minggu (09/02/2020) dini hari, para pewarta di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 tahun 2020. Meski tak semeriah tahun lalu, namun HPN yang dipusatkan di Taman Pantai Piwang, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur itu, membawa pesan mendalam bagi Negeri ini.

Seperti diketahui bersama, pada tanggal 9 Februari 2020, tepat dihari ke 8 saudara kita Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, menjalani masa observasinya di Hanggar Barat Lanud Raden Sadjad Ranai, Kabupaten Natuna. Tema “Dari Natuna Selamatkan Indonesia” diusung sebagai bentuk kelapang dadaan masyarakat Natuna, atas dijadikannya daerah mereka sebagai lokasi observasi bagi 238 WNI dari negara yang kini dilanda bencana virus novel corona tersebut.

Bagi masyarakat disalah satu daerah perbatasan tersebut, larut dalam kecemasan bukan lagi menjadi salah satu solusi. Berdo’a dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keselamatan seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Natuna dan para WNI yang sedang menjalani masa observasi, adalah cara terakhir dan terbaik yang musti dilakukan.

Ketua DPC AJOI Natuna, Roy Parlin Sianipar, menerima potongan kue ulang tahun dari Palaksa Lanal Ranai, Letkol (Laut) Ary Kadek Pambudi.
Ketua DPC AJOI Natuna, Roy Parlin Sianipar, menerima potongan kue ulang tahun dari Palaksa Lanal Ranai, Letkol (Laut) Kadek Ary Pambudi.

“Makanya pada momen HPN tahun ini kita putuskan untuk memperingatinya dengan berdo’a dalam sebuah aksi kemanusiaan, demi keselamatan saudara kita WNI yang saat ini masih diobservasi di Natuna, dan demi keselamatan seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Cherman, koordinator acara HPN ke 74 di Kabupaten Natuna.

Cherman mewakili seluruh insan pers di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah, menyampaikan dukungan kepada Pemerintah dan para WNI yang sedang diobservasi selama 14 hari, agar tetap semangat menghadapi situasi sulit ini.

Ia berharap ratusan WNI dari negeri tirai bambu itu tetap diberikan kesehatan sampai masa observasinya selesai, dan dapat kembali ke kampung halamannya untuk bertemu dengan para keluarganya di tanah air. Serta seluruh masyarakat Indonesia dapat terhindar dari salah satu virus mematikan, yang mulai merambah ke berbagai negara di Asia.

Para insan pers foto bersama unsur pimpinan dan anggota DPRD Natuna.
Para insan pers foto bersama unsur pimpinan dan anggota DPRD Natuna.

“Kita juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada saudara kita WNI, karena tercatat ada 31 orang yang berulang tahun selama menjalani masa observasi di Natuna. Bahkan ada seorang gadis yang pada hari ini tanggal 9 Februari 2020, usianya genap 22 tahun. Semoga mereka semua tetap sehat, dan tetap semangat melewati masa observasi ini,” ungkap Cherman.

Berbagai dukungan mengalir dari Pemerintah, Legislatif serta sejumlah lembaga vertikal dan komunitas yang ada di Kabupaten Natuna, atas pelaksanaan peringatan HPN di daerah yang terletak di Laut Natuna Utara tersebut.

Diantaranya Polres Natuna, Kodim 0318/Natuna, Lanal Ranai, Lanud RSA, bahkan dari Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, yang diwakili oleh Kepala Peneranganya Kolonel (Marinir) Aris Mudian. Kemudian hadir pula sejumlah pimpinan dan anggota DPRD Natuna, Kabag Protokoler Setda Natuna, Pemuda Muslimin Indonesia (Pemuda Muslim) Natuna, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) STAI Natuna, Kompas Benua serta sejumlah komunitas lainnya.

Pertunjukan beatbox dari para pelajar turut meriahkan HPN ke 74 di Kabupaten Natuna.
Pertunjukan beatbox dari para pelajar turut meriahkan HPN ke 74 di Kabupaten Natuna.

Bahkan Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK., diakhir masa tugasnya di Kabupaten Natuna, masih menyempatkan diri untuk ikut merayakan HPN ke 74 kali ini, dengan membawa kejutan berupa kue ulang tahun bertuliskan “Selamat Hari Pers Nasional ke 74”.

Dibawah rintikan gerimis, sang abdi negara itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pemburu berita yang ada diwilayah tugasnya, karena telah menjadi mitra yang baik bagi Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dalam menjaga keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat (Kamtibmas), khususnya diwilayah ujung utara NKRI.

Kegiatan yang diprakarsai oleh dua organisasi profesi pers, yaitu Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Natuna dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Natuna itu, juga diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan hiburan. Diantaranya gurindam 12, tari kreasi modern, pembacaan puisi serta beatbox, yang dibawakan oleh para pelajar dari tingkat SLTA.

Laporan : Erwin Prasetio