Pererat Tali Silahturahmi, Yohanis Gelar Open House di Sabang Mawang Barat

Yohanis bersama keluarga tercinta.
Yohanis bersama keluarga tercinta.

Natuna, LintasKepri.com – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, Yohanis, melaksanakan open house, alias buka rumah, pada lebaran Idul Fitri 1440 hijriyah (2019).

Open House tersebut, digelar Yohanis dikediaman pribadinya, di Desa Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada hari ketiga lebaran, Jum’at (07/06/2019) lalu.

Ratusan tetangga dan sejumlah sanak family Yohanis, yang berasal dari Desa Sabang Mawang Barat, berduyun-duyun mendatangi rumah sang wakil rakyat tersebut, yang berada diatas air laut.

Yohanis saatenggelar Open House di kediamannya, di Desa Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau Tiga.
Yohanis saatenggelar Open House di kediamannya, di Desa Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau Tiga.

Berbagai menu makanan dan minuman pun, disuguhkan Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Natuna tersebut, untuk menjamu para tamunya yang datang bersilahturahmi. Diantaranya ada daging sapi rendang, lontong sayur, gulai ayam, roti lapis hingga berbagai makanan ringan yang menggugah selera.

Dengan didampingi istri tercinta dan anak kesayangannya, Yohanis tampak menyambut dengan ramah setiap tamu yang datang. Ia pun menyalami satu persatu setiap warganya yang datang berkunjung kerumahnya, sambil mengucapkan kalimat Mohon Maaf Lahir dan Bhatin.

Bahkan, ia tampak sesekali melayani setiap warga yang ingin berselfie atau berfoto bersamanya.

Yohanis beserta keluarganya saat berkunjung kerumah-rumah tetangganya.
Yohanis beserta keluarganya saat berkunjung kerumah-rumah tetangganya.

Mantan Kepala Desa Sabang Mawang Barat itu juga tampak memberikan sejumlah amplop berisi uang, yang dibagikannya kepada seluruh anak-anak yang datang berkunjung bersama para orang tuanya.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan III, yang meliputi Kecamatan Pulau Tiga, Pulau Tiga Barat, Pulau Laut, Bunguran Batubi, Bunguran Utara dan Bunguran Barat itu, mengatakan, bahwa Open House tersebut selalu ia lakukan, saat perayaan hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha.

Selain sebagai tradisi bagi masyarakat melayu muslim, Open House juga sebagai ajang untuk menjalin tali silahturahmi antar sesama warga.

Yohanis saat menunaikan sholat ied disalah satu Masjid di Desa Sabang Mawang Barat.
Yohanis saat menunaikan sholat ied berjamaah disalah satu Masjid di Desa Sabang Mawang Barat.

“Open House ini sudah umum dilakukan oleh ummat muslim suku melayu. Boleh dikatakan ini adalah tradisi turun temurun dari nenek moyang kami dulu, saat menyambut lebaran. Melalui Open House, kita juga bisa mempererat tali silahturahmi antar warga,” ungkap Yohanis.

Selain warga dari Desa Sabang Mawang Barat, Open House tersebut juga dihadiri oleh teman dan kerabat Yohanis, yang berada diluar Pulau Tiga. Salah satunya adalah Eri Marka (Buyung), yang merupakan rekan kerjanya di lembaga legislatif, sekaligus sahabat karib Yohanis.

Selain menggelar Open House, Yohanis juga menyempatkan diri untuk berkunjung kerumah-rumah warga yang ada di Desa Sabang Mawang Barat, untuk bersilahturahmi di moment lebaran Idul Fitri. (Red)