Perdana, Pemkab Natuna Gelar Upacara HUT RI ke 74 di Masjid Agung NGU

Suasana upacara bendera HUT RI ke 74 di Halaman Masjid Agung Natuna Gerbang Utaraku.

Suasana upacara bendera HUT RI ke 74 di Halaman Masjid Agung Natuna Gerbang Utaraku.

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal M.Si, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74, yang berlangsung di Halaman Masjid Agung Natuna Gerbang Utaraku (NGU), Sabtu (17/8/2019) siang.

Dalam kesempatan itu, bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapten Laut (P) Richard Martogi Pardede, yang menjabat sebagai Kepala Urusan Operasi Latihan Staf Operasi Lanal Ranai. Dan Perwira Upacara adalah Kapten Laut (P) Abdurahman Santoso, jabatan Komandan KAL Sengiap Lanal Ranai. Sedangkan Komandan Paskibraka dipimpin oleh Letda Marinir Jok Van Basten Ohi jabatan Komandan Satuan Tugas Marinir Setengar.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal saat menyerahkan sang saka kepada Paskibraka.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal saat menyerahkan sang saka kepada Paskibraka.

Sementara itu, petugas pembawa Baki adalah Juniati asal sekolah SMAN 1 Bunguran Barat. Pasukan pengibar Bendera Merah Putih terdiri dari Gunawan asal sekolah SMAN 1 Bunguran Timur, Arizki Abdoliandri asal Sekolah SMAN 1 Bunguran Timur, M Ibnu Karang Bayumaja asal sekolah SMAN II Bunguran Timur, Komandan Pleton pasukan 17 M Mirza Pebriyanto asal sekolah SMAN I Bunguran Timur.

Sementara itu, kesatuan peserta upacara terdiri dari Korp Musik Drum Band SMAN I Bunguran Timur, kelompok Obade 50 orang merupakan gabungan siswa-siswi SLTA se-Kabupaten Natuna dengan guru pendamping Anisa Kasara Intan S.Pd, Rosanita Agusta S.Pd, Herlina Sianipar S.Pd, Tuti Pagariyah S.Pdi dan Yustina YS S.Pdi dengan pelatih Nelson Manik SE, Neli E JM Salenti BSC, Sapta Nugraha SIP dan Christon J Sidabutar dengan pemimpin lagu Jessika Manik asal sekolah SMAN II Bunguran Timur.

Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra, saat membacakan teks proklamasi.

Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra, saat membacakan teks proklamasi.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-74 Republik Indonesia ini dimulai tepat pukul 10.00.WIB, ditandai dengan membunyikan serene, selanjutnya diikuti dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Bupati Natuna, Hamid Rizal. Dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Proklamasi yang dibacakan langsung oleh Wakil Ketua II DPRD Natuna, Hadi Chandra, kemudian diteruskan dengan pembacaan Doa oleh Muhammad Sabirin.

Upacara ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Natuna, Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti MA, pimpinan dan anggota DPRD Natuna, Forkopimda Natuna, Sekda Natuna Wan Siswandi, S.Sos, M.Si, para Asisten dan pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, pimpinan BUMD, Veteran, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan undangan lainnya.

Para Paskibraka saat bersiap menaikkan sang saka.

Para Paskibraka saat bersiap menaikkan sang saka.

Sedangkan kesatuan-kesatuan upacara terdiri dari Kompi Upacara I dengan Komandan Kompi Letnan I CKM.DR.Randi Pratama dari Yon Komposit 1/Gardapati Natuna terdiri dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU Raden Sadjad.

Kompi upacara II dengan Komandan Kompi Letnan I T Didik Eko Dari TNI AL terdiri dari Polri, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Kompi Upacara III dengan Komandan Kompi Letnan I Kes Siswanda dari TNI AU terdiri dari Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dan Pegawai Negeri Sipil Instansi Vertikal, RAPI, FKPPI dan Himpunan Melayu Raya Kabupaten Natuna, Kompi Upacara IV dengan Komandan Kompi Inspektur I Khairul dari Polres Natuna terdiri dari STAI Natuna, gabungan Pramuka dan pelajar SLTA, Pengawal Mimbar Serda POM Bejo Nugroho dan Serda POM Tegar Ramadhan.

Tampak Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal dan Wabup Hj. Ngesti Yuni Suprapti.

Tampak Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal dan Wabup Hj. Ngesti Yuni Suprapti.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2019, dengan tema “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU” diakhiri dengan pertunjukan Drum Band dari SMK Negeri 1 Bunguran Timur.

Yang menarik, diluar lapangan masyarakat tampak antusias menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan upacara, yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. (Red)

 

Baca juga :

    Top