Pep Guardiola Raih Gelar Pelatih Terbaik Liga Inggris Empat Musim Berturut-turut

Pep Guardiola Raih Gelar Pelatih Terbaik Liga Inggris Empat Musim Berturut-turut
Pep Guardiola Raih Gelar Pelatih Terbaik Liga Inggris Empat Musim Berturut-turut. Foto: X/ManCity.

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Pep Guardiola kembali menunjukkan kelasnya sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia.

Ia berhasil mengantarkan Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris untuk keempat kalinya secara beruntun, sebuah pencapaian luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

City memastikan gelar juara setelah mengalahkan West Ham United 3-1 di pekan terakhir.

Perolehan 91 poin dari 38 laga mengantarkan mereka unggul dua poin dari Arsenal di posisi runner-up.

Kesuksesan ini tak hanya membawa kegembiraan bagi City, tetapi juga mengukir sejarah baru di Liga Inggris.

City menjadi tim pertama yang meraih gelar juara empat musim berturut-turut, sekaligus gelar keenam mereka di Premier League dalam tujuh tahun terakhir.

Atas prestasinya yang gemilang, Guardiola dinobatkan sebagai pelatih terbaik musim ini oleh Asosiasi Manajer Liga Inggris (LMA) pada Rabu (22/5/2024).

Ini merupakan penghargaan keempat Guardiola sejak menangani City pada tahun 2016, mengantarkannya ke posisi kedua di bawah legenda Manchester United, Sir Alex Ferguson, dengan 11 penghargaan.

Meskipun meraih penghargaan individu, Guardiola tak lupa untuk berbagi kebahagiaannya dengan para kolega di dunia kepelatihan.

“Tentu saja saya ingin berbagi gelar ini dengan manajer lain, khususnya Mikel Arteta yang melakukan pekerjaan luar biasa hingga laga terakhir, membuat kami tampil habis-habisan,” ujar Guardiola seperti dikutip ESPN.

Ia juga memberikan apresiasi kepada rivalnya, Jurgen Klopp, Unai Emery, dan Andoni Iraola atas pencapaian mereka di musim ini.

“Jangan lupa juga untuk Jurgen yang sudah memberikan rivalitas yang tak terlupakan selama bertahun-tahun lamanya. Lalu, Unai Emery yang tampil luar biasa meloloskan Aston Villa ke Liga Champions,” kata Guardiola.

“Dan Andoni Iraola bersama Bournemouth, ini adalah musim pertamanya di Premier League, apa yang dilakukan luar biasa, bangkit dari start buruk di awal musim,” tambahnya.

“Merupakan kehormatan bisa berada bersama mereka dan memenangi trofi ini. Kami akan mempertahankan award semaksimal mungkin di masa depan,” katanya lagi.

Musim gemilang City tampaknya belum berakhir. Mereka masih memiliki kesempatan untuk meraih satu trofi lagi, yaitu Piala FA, di mana mereka akan bertemu Manchester United di akhir pekan ini.

Mampukah Pep Guardiola dan City melengkapi musim ini dengan raihan treble? Kita tunggu saja.(*/Bud)

Editor: Brm