Pemko Tpi

Pengamat: KPU Harus Memperbaiki Metode Perhitungan Suara

Rendra Setyadiharja.
Rendra Setyadiharja.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pengamat Politik Muda Tanjungpinang Rendra Setyadiharja menuturkan, partisipasi pemilih pemilu tahun ini semakin membaik namun saat perhitungan suara masih memakan waktu yang cukup lama.

“Segala persoalan ini untuk kedepannya harus ada rumusan bagaimana memperbaiki metode perhitungan suara,” tegasnya, Minggu.

Ia menilai karena terlalu banyaknya model surat suara untuk masing-masing pemilihan mulai dari Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Dari periode ke periode pemilu sebelumnya tampaknya perhitungan suara selalu tidak memiliki waktu yang cukup. Belum lagi masalah pengamanan surat suara setelah selesai ditingkat KPPS atau TPS berlanjut ketingkat lainnya” ujarnya.

Pemilu tahun ini kata Rendra, terbilang memprihatinkan karena banyak petugas yang sakit bahkan ada yang meninggal dunia.

“Banyak petugas KPPS, Polri-TNI yang meninggal dunia karena kelelahan. Kedepan diharapkan permasalahan yang terjadi ini bisa menjadi pelajaran dan menjadi catatan bagi KPU,” tuturnya.

(Cho)