Pemotongan Tumpeng Warnai HUT TNI 74 di Ujung Utara NKRI

Acara pemotongan nasi tumpeng pada HUT TNI ke 74 di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).
Acara pemotongan nasi tumpeng pada HUT TNI ke 74 di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Natuna, LintasKepri.com – Hari ini, Sabtu 05 Oktober 2019, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke 74. Peringatan tersebut diperingati dengan pelaksanaan upacara bendera yang dilaksanakan oleh gabungan tiga matra TNI, baik AD, AL dan AU, mulai dari tingkat Komando Atas hingga ketingkat Daerah.

Tidak terkecuali seluruh jajaran TNI yang ada di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Para penjaga kedaulatan NKRI yang berada diwilayah perbatasan itu, juga turut menggelar upacara bendera, yang dipusatkan di Hanggar Barat, Lapangan Udara Raden Sadjad (Lanud RSA) Ranai, pada Sabtu (05/10/2019) pagi.

Danlanud RSA Ranai, Kolonel (Pnb) Fairlyanto, bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup). Sementara Komandan KAL Sengiap, Kapten Laut (P) Abdulrahman Santoso, bertugas sebagai Komandan Upacara (Danup).

Dalam kesempatan itu, Kolonel (Pnb) Fairlyanto membacakan amanat dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, mengucapkan selamat memperingati HUT TNI ke 73, kepada para Perwira, Bintara dan Tamtama, serta segenap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di jajaran TNI diseluruh Indonesia.

Foto bersama usai pelaksanaan upacara HUT TNI ke 74.
Foto bersama usai pelaksanaan upacara HUT TNI ke 74.

“Saya sangat bangga, karena TNI telah menunjukkan Profesionalitasnya dalam mengemban amanah dan tugas sebagai penjaga keutuhan NKRI,” ucap Panglima TNI, yang disampaikan oleh Kolonel (Pnb) Fairlyanto.

Kata Panglima, sebagai alat Negara, TNI harus siap siaga dalam berbagai persoalan yang terjadi di Indonesia. Apalagi belakangan ini banyak peristiwa-peristiwa yang berpotensi mengganggu keamanan dan keutuhan NKRI. Baik ancaman yang datang dari luar maupun dalam negeri.

Untuk menjaga kedaulatan NKRI, Mabes TNI juga telah membangun sejumlah pangkalan pertahanan diwilayah terluar dan perbatasan, termasuk yang ada di Kabupaten Natuna, yang berbatasan langsung dengan sejumlah negara di Asean.

“Untuk itu saya tekankan agar seluruh jajaran TNI dapat menguatkan iman, tingkatkan solidatitas baik terhadap masyarakat, tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas dalam menghadapi tantangan, dan yang terpenting jalankan tugas dengan baik dan iklas,” tegas Panglima dalam amanatnya.

Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto saat memberikan kue ulang tahun kepada anggota TNI yang bertugas diwilayah perbatasan.
Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto saat memberikan kue ulang tahun kepada anggota TNI yang bertugas diwilayah perbatasan.

Usai upacara, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto juga berinisiatif untuk memberikan kue ulang tahun HUT TNI ke 74. Hal itu dilakukan sebagai tanda kekompakan dan sinergitas yang baik antara pihak TNI dan POLRI yang bertugas diwilayah perbatasan NKRI.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, juga mendapatkan kesempatan untuk memotong nasi tumpeng, pada Dirgahayu TNI ke 74 yang dilaksanakan di Lanud RSA Ranai.

Upacara gabungan dari tiga mantra TNI itu, juga diwarnai dengan atraksi bela diri yang dilakukan oleh jajaran TNI AU dan atraksi militer yang dilakukan oleh anggota Batalyon Komposit I/Gardapati.

Selain itu, juga dilakukan pemberian tali kasih kepada para purnawirawan TNI AU serta kepada sejumlah anak yatim.

Laporan : Erwin Prasetio