Pemko Tanjungpinang Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1437 H

Puncak peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1437 Hijiriah di Kota Tanjungpinang, (22/10).
Puncak peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1437 Hijiriah di Kota Tanjungpinang, (22/10).

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Peringatan tahun baru 1 Muharam 1437 Hijiriah di Kota Tanjungpinang diwarnai dengan beragam kegiatan yang meriah, namun tetap bernuansa Islami. Rangkaian kegiatan 1 Muharam tahun ini, merupakan bagian dari Visi dan Misi Pemko, “Bagaimana kita membina masyarakat dalam peningkatan akhlak supaya kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dari tahun sebelumnya”.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, pada sambutannya di acara Peringatan Tahun Baru 1 Muharram tingkat Kota Tanjungpinang mengajak untuk menjadikan momentum tahun baru ini untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, “Berhijrah menjadi manusia yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” Katanya di Lapangan Pamedan A. Yani, Kamis (22/10).

Peringatan pergantian tahun baru Hijiriah tersebut, disejalankan dengan pengukuhan pengurus Forum Komunikasi Mubaligh Kota Tanjungpinang, dan penyerahan hadiah bagi Masjid terbersih se-Kota Tanjungpinang.

Lebih lanjut Lis mengatakan, dengan dikukuhkan pengurus forum komunikasi mubaligh kota Tanjungpinang, diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam mengisi rohani masyarakat, “Banyak hal yang dapat dilakukan forum ini dalam mendidik masyarakat menjadi generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” ucap Lis.

Lis berharap, forum ini jangan hanya formalitas semata, akan tetapi bisa menjadi jembatan bagi   pemerintah sebagai tolak ukur bagaimana perkembangan dan pengembangan syiar Islam di Kota Tanjungpinang, “Didasari nilai-nilai agama dan kontribusi yang besar dari pengurus dan seluruh elemen masyarakat, saya yakin kita bisa bersama-sama mewujudkan pembangunan Kota Tanjungpinang yang maju dan bermartabat,” ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala Kementrian Agama Kota Tanjungpinang, M. Nasir, dalam laporannya, menyatakan bahwa tahun baru Hijiriah ini menjadi awal babak baru untuk menyongsong masa depan yang lebih baik, “Mudah-mudahan melalui peringatan tahun baru 1437 Hijiriah, kita semua dapat semakin memantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, yang benar-benar sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW,” pungkasnya.

Puncak rangkaian kegiatan sampena tahun baru islam 1437 Hijiriah ini, diisi dengan ceramah agama oleh Kyai H. Mukhlisin Dawan dari Jakarta, yang sekaligus menutup rangkaian peringatan tahun baru Islam ini dengan doa bersama.

Selain itu, pemerintah Kota Tanjungpinang juga memberikan bantuan berupa Al-Qur’an digital kepada BKMT Kota Tanjungpinang dan BKMT di 4 Kecamatan Kota Tanjungpinang. Penyerahan hadiah dan bantuan itu, diserahkan langsung oleh Walikota didampingi Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si.

Acara turut dihadiri, para Asisten, Staf Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat, Lurah dilingkup Pemko Tanjungpinang. Tampak hadir juga, unsur FKPD, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Ketua GOW Juariah Syahrul, Ketua DWP Ersa Famella Riono, serta pimpinan DPRD Kota Tanjungpinang.(Hum/Red)