Pemko Tanjungpinang Peringati HUT Ke-14 Kota Otonom

otonom tanjungpinang ke 14Tanjungpinang, Lintaskepri.com – 14 tahun sudah Kota Tanjungpinang berubah status menjadi Kota Otonom, sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2001, tepatnya 17 Oktober 2001. Perubahan serta kemajuan yang sudah dicapai merupakan keberhasilan merupakan kerja keras seluruh jajaran pemerintah Kota Tanjungpinang. hal ini disapaikan Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Jadi ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang, di Halaman Kantor Walikota Senggarang, Sabtu (17/10).

“Ribuan terimakasih saya ucapkan kepada seluruh jajaran pemerintah Kota Tanjungpinang, baik Kepala SKPD, Aparatur Sipil Negara (ASN), Honorer serta semua pihak yang telah bekerja keras, ikhlas dan cerdas dalam membangun Kota Tanjungpinang kearah yang lebih baik,” ucapnya.

Dalam rentang waktu 14 tahun, telah banyak kemajuan yang telah dicapai, keberhasilan pembangunan  dapat dilihat dari beberapa indikator, seperti indeks pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi, PDRB perkapita dan penduduk diatas garis kemiskinan.

Melalui Visi Misi pemerintahan, banyak keberhasilan yang telah dicapai, diantaranya pembangunan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, pembangunan gedung kantor pelayanan publik, peningkatan kualitas pendidikan, pertumbuhan ekonomi Kota Tanjungpinang selama periode 2011-2014 tumbuh rata-rata 6,7%, pengentasan kemiskinan, pembangunan dan pemeliharaan jalan, penanganan banjir

Selain itu, dalam pelaksanaan tata kelola pemerintah yang bersih, transparan, dan akuntabel Kota Tanjungpinang telah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan seperti, penghargaan hasil evaluasi terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah tahun 2014 oleh Kemendagri, Pemko Tanjungpinang mendapat peringkat ke-14 besar dan pada tahun ini ditargetkan menepati 10 besar se-Indonesia.

Dari aspek akuntabilitas, Pemko meraih predikat penilaian “B” berdasarkan hasil evaluasi Kemepan-RB. Kemudian Pemko Tanjungpinang berhasil meraih opini wajar tanpa pengecuali dari BPK-RI terhadap laporan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2014.

“Penghargaan lainnya, dari KPK atas survey integritas sektor publik tahun 2013, Pemko sendiri mendapatkan peringkat ke-4 dari 60 Kabupaten/Kota, dibidang perencanaan pembangunan, penghargaan yang diraih yaitu Anugrah Pangripta Nusantara tahun 2015, dan penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya tahun 2013 dan 2014 oleh Kemntrian Pemberdayaan Permpuan dan Perlindungan Anak,” tutur Lis

Namun, dari keberhasilan pembangunan yang telah dicapai ini, untuk tidak berpuas diri, tetapi harus dapat dijadikan motivasi sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja dimasa yang akan datang, “Semoga dengan semakin bertambahnya usia kota ini, kita semua dapat meningkatkan motivasi bersama untuk lebih giat membangun Kota Tanjungpinang,” tutupnya.

Tahun ini, Hari Jadi ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang mengangkat tema “Bersatu Dalam Keragaman Menuju Tanjungpinang Gemilang”. Pada upacara itu, pemerintah juga memberikan penghargaan bagi ASN dan Honorer teladan, serta bantuan pegawai pensiunan.

Peringatan upacara yang berlangsung meriah tersebut, diikuti oleh Wakil Walikota Tanjungpinang,  Syahrul, Sekretaris Daerah, Riono, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang,  Yuniarni Pustoko Weni, Ketua GOW Juariah Syahrul, Ketua DWP Ersa Famella Riono, seluruh jajaran Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD dilingkup pemerintah Kota Tanjungpinang, sementara petugas pada pelaksanan upacara itu adalah jajaran Kepala Bagian dilingkup pemko Tanjungpinang.

Turut hadir, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno, unsur pimpinan FKPD, Camat, Lurah, Para Pejuang Kota Tanjungpinang, tokoh masyarakat, sesepuh masyarakat, tokoh politik, tokoh ormas dan pemuda, serta  insan pers.

Usai upacara, kegiatan pun dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tanjungpinang. rapat tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno, di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang, Senggarang.(Hum/Red)