Pemkab Lingga Gelar Lomba TTG

DPRD Lingga
Lingga Kab
Pemkab Lingga Gelar Lomba TTG.
Pemkab Lingga Gelar Lomba TTG.

Lingga, Lintas Kepri.com – Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), Senin (28/4) malam.

Acara itu diresmikan oleh Asisten II Yusrizal di Gedung Nasional Dabo Singkep, Lingga, Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Bupati Lingga Alias Wello yang diwakili oleh Asisten II Bagian Ekonomi dan pembangunan Lingga Yusrizal mengatakan, meski pun Kabupaten Lingga memiliki kekurangan dalam teknologi, ia menyakini keterbatasan yang dimiliki Lingga akan muncul karya-karya teknologi kreatif serta inovatif yang murah meriah namun bermanfaat.

“Saya menganjurkan bagi masyarakat Lingga untuk terus berbuat inovasi sesuai kemampuan. Intinya selagi kita masih bernafas, jangan malas untuk berkarya dan menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat bagi orang banyak,” ucap Yusrizal.

Dia mengimbau, kepada seluruh guru se-Kabupaten Lingga untuk berperan aktif membangun, membentuk dan memotivasi siswa dan siswinya agar berfikir kreatif dalam melakukan inovasi-inovasi ringan dalam berbagai macam bidang. Tujuannya menggali karya-karya yang mutakhir.

Pemkab Lingga Gelar Lomba TTG.
Pemkab Lingga Gelar Lomba TTG.

“Kepada para guru untuk berperan aktif membentuk kreatif muridnya dalam inovasi-inovasi teknologi tepat guna. Sebab, motifasi yang guru berikan kepada siswa dan siswi akan memberikan semangat atau gairah untuk selalu berkarya tiada henti,” paparnya.

Kegiatan TTG ini dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang mengangkat tema Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna.

“Kita bangun desa yang inovatif menuju Lingga terbilang 2020,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Lingga Dodi Suhendra mengatakan, tujuan dari kegiatan ini ialah menumbuh kembangkan ide-ide teknologi tepat guna yang terdapat di masyarakat.

Selain itu menjaring hasil teknologi tepat guna yang dapat memacu percepatan berkembangnya usaha ekonomi di masyarakat serta memulihkan motivasi semangat kepada para penemu di bidang TTG.

“Baik itu dari masyarakat, pelajar, mahasiswa, akedemisi, guru, instansi maupun swasta,” katanya.

Selain itu, Dodi juga menjelaskan, kegiatan TTG diikuti 71 orang dengan judul TTG 42 judul. Setelah diseleksi, peserta yang mengikuti lomba TTG ini berjumlah 52 orang dengan judul TTG sebanyak 32 judul dari berbagai sekolah dan masyarakat umum yang berada di Kabupaten Lingga.

“Alhamdulilah selama Kabupaten Lingga berpartisipasi dalam ajang TTG, kita pernah masuk ke tingkat nasional dari beberapa kali lomba yang kita ikuti, khususnya di tingkat pelajar,” tutupnya.

(fiza)