''

Pemkab Lingga Bersama Telkomsel Dukung UNBK

Pemkab Lingga Bersama Telkomsel Dukung UNBK.

Pemkab Lingga Bersama Telkomsel Dukung UNBK.

Lingga, LintasKepri.com – Berdasarkan surat edaran dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kepulauan Riau, Pemkab Lingga bersama Telkomsel giat meningkatkan kualitas jaringan telekomunikasi dan tranfer data menjelang UNBK yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Berdasarkan pantauan dari Telkomsel di daerah-daerah, diinformasikan bahwa sekolah-sekolah di Tanjungpinang, pada umumnya sudah menggunakan layanan Indihome Telkom, sementara di Lingga dan sebagian besar wilayah Bintan, masih menggunakan tethering HP atau modem, dengan mengandalkan sinyal 3G ataupun 4G Telkomsel untuk konektivitas saat UNBK nanti.

Maka dari itulah, beberapa pekan yang lalu, pihak Telkomsel mengaku sudah melakukan peningkatan kualitas jaringan di beberapa titik di Kabupaten Lingga. Bahkan ada yang sudah dilakukan upgrade layanannya, dari 2G/3G menjadi 4G.

“Sejak saat simulasi UNBK beberapa pekan lalu, kita sudah mengoptimalkan jaringan kita. Ada juga beberapa sekolah yang menghubungi kita, dan kita bantu pengecekan kualitas jaringan datanya,” kata Yurianda Syahputra Pane selaku SPV RTPO dari Telkomsel Tanjungpinang.

Solusi ini harus dilakukan Kominfo Kabupaten Lingga, mengingat tidak semua sekolah yang ada di Kabupaten Lingga bersentuhan langsung dengan akses internet berbasis fiber optic.

“Ya, maka dari itu kita meminta dukungan kepada beberapa provider, khususnya untuk mengatasi kebutuhan akses data,” kata Kabag Kominfo Humas, melalui Kasubbag Informatika Ady Setiawan.

Ady menambahkan, berdasarkan data dari pihak Telkomsel, selama 3 bulan terakhir ada beberapa wilayah yang sudah diupgrade dari 2G/3G menjadi 4G, yakni Desa Rejai Kecamatan, Bakung Serumpun; Desa Sedamai dan Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir, Marok Kecil di Kecamatan Singkep Selatan, Marok Tua, Desa Kuala Cukas, Desa Tinjul, Desa Sungai Buluh dan Desa Raya serta Sungai Harapan di Singkep Barat, Desa Batu Berdaun dan Kebun Nyiur di Kecamatan Singkep, Pulau Bukit dan Benan di Katang Bidare, Panggak Darat dan Desa Merawang di Kecamatan Lingga, Desa Sungai Pinang di Kecamatan Lingga Timur, serta Desa Tajur Biru di Kecamatan Temiang Pesisir.

Disamping itu pula, 3 dari 6 tower yang ada di Dabo juga sudah diupgrade dari 4G menjadi 4G+. Kemudian, untuk peningkatan kualitas dan jangkauan komunikasi, akan dibangun new coverage (tower baru) dengan layanan 3G di Polres Dabo, Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep.

Terlepas dari peningkatan dan perbaikan tersebut, Pemkab Lingga menekankan, progres ini memang difokuskan untuk kegiatan UNBK, dan juga sebagai bentuk dukungan Telkomsel kepada dunia pendidikan di Kabupaten Lingga.

(***)

Baca juga :

Top