Pemdes Duara Kecamatan Lingga Utara Salurkan BLT Dana Desa

Lingga Kab
Pemerintah Desa (Pemdes) Duara Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, menyalurkan Bantun Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa) tahap pertama, Kamis (14/05).

Lingga, LintasKepri.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Duara Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, menyalurkan Bantun Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa) tahap pertama, Kamis (14/05).

Kepala Desa Duara, Azhar, mengatakan BLT tersebut menindak lanjuti Peraturan Menteri Desa (PDTT) tentang perubahan prioritas penggunaan dana desa tahun anggaran 2020.

“Hari ini kami pemerintah desa menyalurkan bantuan BLT ke 197 masyarakat dari 443 KK yang ada di Desa Duara,” katanya.

Satu KK mendapatkan Rp600.000 untuk tahap pertama bulan April. Tahap selanjutnya yakni kedua akan disalurkan kembali diakhir minggu Mei, dan tahap ketiga akan disalurkan pada minggu kedua Juni.

Azhar berharap, kepada masyarakat yang telah menerima BLT Dana Desa ini agar mempergunakannya sebaik mungkin.

“Setidaknya bantuan BLT Dana Desa ini bisa meringankan beban kehidupan masyarakat sehari-hari dalam menghadapi persoalan ekonomi akibat dampak pandemi virus corona (COVID-19),” tutur Azhar.

Dia menjelaskan, bantuan yang dibagikan bersumber dari Dana Desa yang disalurkan sebesar 35 persen, dipotong dari Dana Desa Duara diatas Rp1,2 miliar kepada keluarga yang memang layak mendapatkan bantuan.

Penerima BLT adalah yang terlebih dahulu ditetapkan melalui musyawarah dan evaluasi desa, dan tidak menerima bantuan program keluarga harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pada kesempatan itu, Azhar membeberkan anggaran penanganan COVID-19 ada empat kegiatan pembangunan yang dipangkas yang telah disepakati saat Musdes.

“Untuk kegiatan yang hari ini kita pangkas itu akan masuk diprioritas pembangunan ditahun 2021 nantinya,” tutup Azhar.

(fiza)