Pembukaan MTQ Ke-VIII Tingkat Kabupaten Lingga Meriah

DPRD Lingga
Lingga Kab
Pembukaan MTQ Ke-VIII Tingkat Kabupaten Lingga Meriah
Pembukaan MTQ Ke-VIII Tingkat Kabupaten Lingga Meriah, Senin (2/3).

Lingga, Lintas Kepri.com – Malam pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII tingkat Kabupaten Lingga yang dilaksanakan di Kecamatan Senanyang berlangsung meriah, dengan dipersembahkan tarian kolosal persembahan dari sanggar Sang Setie, Senin (2/3).

Riau Raja Ariza Asisten I bidang Pemerintahan mewakili Gubernur Provinsi Kepri membuka secara resmi MTQ ke VIII tingkat Kabupaten Lingga, dalam sambutannya mengapresiasi Pemkab Lingga terutama kepada pihak Kecamatan Senayang yang telah sukses menyelenggarakan MTQ ke VIII ini.

Dia berharap dengan adanya penyelenggaraan MTQ ini, akan lahir Qori Qoriah, Hafiz dan Hafizah asal Kabupaten Lingga yang akan mampu mengharumkan nama Lingga serta nama Provinsi Kepri di tingkat nasional, hingga ke tingkat internasional nantinya.

Demikian pula Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar sekaligus sebagai ketua LPTQ Kabupaten Lingga mengajak seluruh masyarakat untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sebagai pedoman dan bekal bagi kehidupan akhirat kelak.

“Kepada masyarakat untuk tidak menganggap remeh sekecil apapun pelajaran yang diperoleh dari Al-Qur’an. Karena meyakini, setiap ayat yang diturunkan oleh Allah, pasti memiliki manfaat bagi kehidupan manusia,” himbaunya.

Nizar berharap MTQ ke VIII di Kecamatan Senayang ini akan melahirkan generasi Qur’ani yang akan mengharumkan nama Kabupaten Lingga dikedepannya.

Pembukaan MTQ Ke-VIII Tingkat Kabupaten Lingga Meriah, Senin (2/3).
Pembukaan MTQ Ke-VIII Tingkat Kabupaten Lingga Meriah, Senin (2/3).

“Bukan karena adanya piala atau reward sehingga kita mengikuti kegiatan MTQ ini, namun perlu ditanamkan dalam hal untuk pembinaan. Karena semangat kita, roh dari kegiatan ini adalah untuk melahirkan generasi-generasi Qur’ani yang Hafizh Hafizah dan Qori Qoriah,” pesannya.

Sementara itu Sekda Kabupaten Lingga Juramadi Esram sekaligus selaku ketua panitia mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakannya MTQ ke-VIII Tingkat Kabupaten Lingga adalah mencari generasi yang mampu memahami ilmu-ilmu Al-Qur’an.

Ia menjelaskan, sebanyak 390 peserta dari 13 kecamatan seKabupaten Lingga, tampil dalam pembukaan MTQ, yang dijadwalkan akan bertanding dalam delapan kategori lomba hingga 8 Maret mendatang.

“Tema pada pelaksanaan MTQ ke-VIII yaitu, “implementasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam membangun masyarakat Lingga yang religius, rukun, damai dan sejahtera,” tutupnya.

(hms)