Pemko Tpi

Pedagang di Tanjung Buton Lingga Sudah Direlokasi

Lingga, LintasKepri.com – Pedagang kuliner di Tanjung Buton Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga kini sudah direlokasi di pusat kuliner di tempat yang baru.

“Ya baru dua hari pedagang kuliner yang berada di lapangan pelabuhan Tanjung Buton kita tempatkan di pusat kuliner baru yang lokasinya masih berdekatan dengan taman Tanjung Buton,” tutur Abdul Kadir, Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lingga Melalui Sekretaris Dispar Kabupaten Lingga Zalmidri kepada LintasKepri, Jumat (1/10).

Kata Zalmidri, bangunan yang di bangun tahun 2018-2019 menggunakan Dana pusat ( DAK) ini semua ada 14 stand dan itu tidak dibebankan biaya sewakan kepada pedagang.

“Tidak kita pungut biaya sewa, ini semua kita lakukan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang berjualan di masa pandemi Covid-19. Hanya saja pedagang membayar pajak 10 persen ke Pemda, serta menjaga kebersihan lokasi tempat jualan.

Dengan tempat yang baru ini tentunya pedangan kuliner akan lebih jauh tertata dengan rapi dan juga masyarakat yang berkunjung bisa langsung menikmati pemandangan indah Gunung Daik dari atas menara yang telah dibangun.

Lebih lanjut kata Zalmadri, di lokasi stand tidak hanya tersedia makanan kuliner khas Lingga saja, tetapi juga tersedia gerai khusus untuk oleh-oleh khas Lingga yang di kelola ibu-ibu PKK Desa Mepar, dan Ade juge Pusat informasi wisata yg akan di kelole oleh GENPI dan HPI Kabupaten Lingga.

“Jadi nanti juga ada wisatawan dari luar berkunjung ke Lingga tidak susah-susah mencari oleh-oleh khas Lingga untuk di bawa pulang, semuanya sudah ada tersedia,” sebutnya.

Zalmadri menambahkan, dalam waktu dekat ini rencana akan diadakan pengaturan tempat parkir kendaraan roda 2 dan 4 dan ini akan di atur oleh Dinas Perhubungan.

“Tentunya kita akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung, untuk pihak keamanan sudah ada dari pihak Satpol PP yang berjaga pada saat malamnya,” bebernya.

(fza)