PDI Perjuangan Buka Pendaftaran Bakal Cagub dan Cawagub Kepri

Lis Darmansyah.
Lis Darmansyah.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kepulauan Riau (DPD PDIP Kepri), mengumumkan membuka pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Cagub dan Cawagub Kepri) masa bakti 2020 – 2024.

Sekretaris PDIP Kepri, Lis Darmansyah, di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan, pendaftaran itu dibuka mulai Senin, 30 September sampai 05 Oktober 2019. Berkas pendaftaran dapat diambil di Kantor DPD PDI Perjuangan Kepri Jalan DI Panjaitan No. 517 Tanjungpinang pada pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Pengembalian berkas pendaftaran dijadwalkan pada 07 Oktober sampai 11 Oktober 2019, pukul 10.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Lis mengatakan, pengumuman pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri masa bakti 2020 – 2024 tersebut berdasarkan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, sebagaimana telah diatur didalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019.

“Maka pelaksanaan Pilkada merupakan wadah seleksi kepemimpinan daerah yang terlebih dahulu dilakukan oleh Partai Politik sebagai salah satu instrumen dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia, sebelum ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah oleh Komisi Pemilihan Umum,” katanya yang juga menjabat Ketua DPRD Kepri.

Lis menjelaskan, pengumuman pendaftaran bakal calon ini merujuk pada hasil pelaksanaan Pemilu 2019 dan Peraturan PDI Perjuangan Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Rekrutmen dan Seleksi Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari PDI Perjuangan.

Tahapan tersebut dilakukan melalui mekanisme pendaftaran yang dibuka untuk umum, untuk kemudian akan menjalani tahapan tahapan selanjutnya sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku di PDI Perjuangan.

(dar)