Omicron Mengetuk Asia

Subandi.

LintasKepri.com – 2021 mencatat ada 48 kasus covid-19 ditemukan di 11 negara di wilayah Asia. Temuan kasus di Asia mayoritas berasal dari Hongkong, dengan 13 kasus dilanjutkan oleh Singapura yang melaporkan temuan 6 kasus, India 5 kasus serta negeri sakura Jepang 3kasus.

Awal Desember lalu Negeri Ginseng Korea Selatan juga melaporkan adanya temuan tiga kasus varian baru Omicron, Malaysia baru melaporkan satu kasus.

Selain itu, Sri Lanka dan Maladewa juga melaporkan adanya temuan satu kasus, laporan menjabarkan 11 negara di seluruh dunia telah mendeteksi kasus Covid 19 jenis terbaru yaitu Omicorn, dengan total kasus Global 1109 kasus.

Untuk wilayah Indonesia sendiri, sudah terdeteksi kasus yang sama dengan negara Asia lainnya, di mana adanya laporan dari Kementerian Kesehatan bahwa dari pemerintahan ditemukan varian baru yaitu pada seorang petugas di Wisma Atlet, sehingga penanganan kesehatan Satgas Covid 19 di Indoensia semakin di perketat.

Varian terbaru akan semakin banyak, mengingat kemampuan virus ini terus berubah dan terus menyesuaikan beradaptasi dengan situasi yang baru.

Artinya, kewaspadaan yang diciptakan masyarakat sendirilah yang dapat menolong penurunan kasus lonjakan Covid 19 ini, dimulai dari kepedulian akan 3M yang dikerjakan lewat diri sendiri, keluarga, lingkungan RT, RW, Kelurahan, kecamatan hingga lingkup terbesar lainnya.

Upaya mitigasi lainnya harus tetap berjalan dengan ditemukannya lagi kasus transmisi lokal ini, pemerintah kembali mengingatkan dan meminta masyarakat untuk mengurangi mobilitas hindari kerumunan dan juga selalu memakai masker hingga mengingatkan lingkungan sekitar untuk segera melakukan vaksinasi

(Subandi)