Natuna Terima Penghargaan dari Kemenpan RB atas Naiknya Peringkat Lakip

Bupati Natuna Hamid Rizal foto bersama pimpinan OPD Natuna dengan menunjukkan piagam penghargaan dari Menpan RB.

Bupati Natuna Hamid Rizal foto bersama pimpinan OPD Natuna dengan menunjukkan piagam penghargaan dari Menpan RB.

Batam, LintasKepri.com – Kerja keras Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk memperbaiki Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) pada tahun 2017 yang lalu, mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menpan RB, Asman Abnur kepada Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal, di Radisson Hotel, Kota Batam, pada Kamis (25/01/2018) siang. Dalam acara penyerahan hasil evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (Lakip) Daerah wilayah 1, yang meliputi Sumatera, Banten dan Jawa Barat.

Bupati Natuna menerima penghargaan atas naiknya peringkat Lakip Daerah Kabupaten Natuna dari peringkat CC menjadi BB. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menpan RB Asman Abnur didampingi Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Mohammad Yusuf Ateh.

Dari kiri, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Bupati Natuna Hamid Rizal dan Menpan RB Asman Abnur.

Dari kiri, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Bupati Natuna Hamid Rizal dan Menpan RB Asman Abnur.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin dan Bupati serta Walikota dari Sumatera, Banten dan Jawa barat ini, diawali dengan mendengarkan arahan Presiden RI Joko Widodo, tentang upaya Pemerintah dalam mengefisiensikan penggunaan anggaran Negara.

Bupati Natuna juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato tentang upaya yang telah dilakukan untuk memperbaiki kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, pada saat sharing session.

“Saya meminta segenap OPD berkerja keras dan cerdas, yang lamban saya ganti,” tegas Bupati dihadapan Menpan RB dan seluruh hadirin.

Sementara itu dalam arahannya, Asman Abnur meminta seluruh kepala daerah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran dengan berorientasi kepada manfaat sebuah kegiatan, tidak hanya pada hasil yang dicapai.

Ia juga menyampaikan upaya Kementerian yang dipimpinnya untuk terus memperbaiki kinerja aparatur sipil negara dengan perbaikan sistem rekrutmen ASB, perbaikan kesejahteraan dengan jaminan pensiun dan perumahan. Kepada pemerintah daerah ia juga berpesan untuk memperbaiki pengelolaan arsip dan proses perijinan.

“Penyelenggara negara adalah motor perubahan,” kata Asman Abnur.

Pada acara ini, Menpan RB juga melounching aplikasi E-Sakip Reviu yang nanti akan digunakan oleh pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk menyampaikan laporan kinerja nya.

Turut mendampingi Bupati Natuna pada acara ini yaitu, Assisten lll Izwar Asfawi, Kepala BP3D Mustofa Albagri, Kabag Ortal, Kabag Humas Protokol Setda Natuna, Budi Dharma dan Inspektur Inspektorat Natuna, Muhammad Husen. (Erwin/Humas)

Baca juga :

Top