Musrenbang Natuna TA 2020 Resmi Ditutup Sekda Wan Siswandi

Sekda Natuna Wan Siswandi, saat menandatangani berita acara pelaksanaan Musrenbang Natuna 2020.
Sekda Natuna Wan Siswandi, saat menandatangani berita acara pelaksanaan Musrenbang Natuna 2020.

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Wan Siswandi menutup secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Natuna tahun 2020, pada Kamis (05/03/2020) petang, di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur.

Dalam sambutannya Wan Siswandi menyampaikan, bahwa masih banyak kegiatan yang belum terlaksana dan banyak sekali usulan pembangunan pada Musrenbang. Namun semua keinginan itu, belum bisa diakomodir secara keseluruhan, mengingat terbatasnya kemampuan anggaran daerah.

Kegiatan dan program pembangunan yang disepakati pada acara Musrenbang yang berlangsung selama dua hari itu, guba membahas penggunaan anggaran daerah tahun 2021 mendatang, yang sangat besar nilainya.

“Kita ingin semua rencana ini bisa dilaksanakan, cuma satu-satunya yang menjadi batasan kita adalah kemampuan anggaran daerah,” sebut Wan Siswandi.

Sambutan Sekda Natuna, Wan Siswandi.
Sambutan Sekda Natuna, Wan Siswandi.

Dengan begitu lanjut Wan Siswandi, Pemerintah Daerah tengah bekerja keras secara berkelanjutan, agar semua rencana-rencana yang telah disepakati dan disusun sebagai hasil Musrenbang dapat terlaksana dengan baik.

“Kami berharap semua pihak dapat memaklumi, apabila ada rencana yang sudah disepakati tidak tercover dalam APBD, kami akan terus berupaya agar semua rencana itu dapat diakomodir pada kegiatan pembangunan di tahun-tahun berikutnya,” pintanya.

Pada kesempatan itu, Mantan Kepala Dinas Perhubungan Natuna itu juga mengapresiasi semangat para peserta Musyawarah, yang telah mengikuti jalannya Musrenbang dari awal hingga akhir dengan sungguh-sungguh.

“Kami senang sekali dengan semangat peserta Musrenbang. Bukan hanya peserta yang dari kalangan Pemerintah, tapi juga tokoh masyarakat, Pemuda dan Ormas. Di sini banyak orang tua kita dan tokoh masyarakat yang ikut Musrenbang. Beliau tetap semangat hingga acara ini berakhir,” ungkapnya.

Para tamu undangan dan para peserta Musrenbang Natuna 2020 yang hadir.
Para tamu undangan dan para peserta Musrenbang Natuna 2020 yang hadir.

Wan Siswandi juga berharap, agar hasil Musrenbang kali ini dapat menjadi pijakan Pemerintah dalam menyusun anggaran pembangunan di tahun depan.

“Ini kegiatan yang mulia, dimana kita bermusyawarah untuk kemajuan daerah. Semoga semua rencana ini bisa terlaksana,” pungkasnya.

Pada Musrenbang Natuna tahun 2020 terdapat empat point umum pembangungan yang berhasil disepakati yakni point priotas pembangunan daerah, rencana awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), program dan kegiatan yang belum diakomodir, rumusan yang tetcantum dalam lampiran kegiatan tidak terpisahkan. Dengan total rencana anggaran sebesar Rp. 3.888.110.068.000 (tiga triliun delapan ratus delapan puluh delapan milyar, seratus sepuluh juta, enam puluh delapan ribu rupiah).

Laporan : Erwin Prasetio