Mulai Juli 2024, Iuran SPP SMA/SMK/SLB di Kepri Gratis

Mulai Juli 2024, Iuran SPP SMA/SMK/SLB di Kepri Gratis
Siswa dan siswi di SMK Negeri 1 Tanjungpinang berbondong-bondong pulang sekolah. Foto: Lintaskepri/Mfz

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Kabar gembira bagi para pelajar di Kepulauan Riau. Pemerintah Provinsi Kepri akan menggratiskan iuran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi seluruh siswa SMA/SMK/SLB negeri di Kepri mulai Juli 2024.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Andi Agung, menyampaikan bahwa program ini merupakan wujud komitmen Pemprov Kepri untuk meningkatkan mutu pendidikan dan meringankan beban orang tua murid.

“Alhamdulillah, program SPP gratis ini akan kita terapkan mulai Juli 2024 untuk sekolah negeri di Kepri. Orang tua murid tidak perlu lagi terbebani biaya SPP,” ujarnya, Jumat (14/6/2024).

Untuk mewujudkan kebijakan tersebut, lanjut Agung, Pemprov Kepri telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp43 miliar bersumber dari APBD 2024. Dana tersebut untuk membiayai seluruh biaya operasional sekolah negeri di Kepri

Ia berharap, dengan program ini, para siswa dapat lebih fokus belajar dan meningkatkan prestasi mereka.

“Kami harap program ini dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. Ini merupakan salah satu tujuan utama pendidikan di Kepri,” ungkap Andi Agung.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, sebelumnya telah mengumumkan bahwa Pemprov Kepri akan memberikan bantuan seragam dan SPP gratis bagi siswa-siswi SMA/SMK dan SLB negeri di Kepri.

Bantuan serupa juga menyasar kepada guru-guru di sekolah swasta, serta sekolah madrasah di kemudian hari.

“Anak-anak kita adalah generasi penerus yang akan membawa Kepri menjadi lebih maju di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membantu mereka di bidang pendidikan,” kata Ansar.