Pemko Tpi

Mengawasi Mangrove, Satpol PP Kota Tanjungpinang Beli Speedboat

Lis Darmansyah Saat Melakukan Penyiraman Air di Speedboat Satpol PP Tanjungpinang
Lis Darmansyah Saat Melakukan Penyiraman Air di Speedboat Satpol PP Tanjungpinang.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Menjelang tahun baru 2016 yang hanya tinggal dua hari lagi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tanjungpinang meresmikan satu unit speedboat untuk kegiatan patroli, pengawasan di sekitar pesisir laut Kota Tanjungpinang di Anjung Cahaya Jalan Hang Tuah Tepi Laut Kota Tanjungpinang, Selasa (29/12).

Acara peresmian transportasi laut tersebut, diresmikan Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah dengan cara menyiram bagian depan Speedboat dengan air yang telah disediakan didalam Kendi warna coklat.

Fasilitas tersebut dibeli dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tanjungpinang dengan harga sekitar Rp 170 Juta dianggarkan pada 2014 lalu, dan terealisasi diakhir tahun 2015.

Speedboat berukuran kecil tersebut jenis fiber mesin Yamaha 40 PK dibeli dengan tujuan untuk melakukan pengawasan hutan mangrove di perairan Kota Tanjungpinang. Pengawasan bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Dinas Tata Kota (Distako) Tanjungpinang.

“Speedboat dibeli dari APBD Kota Tanjungpinang yang dianggarkan 2014 lalu. Jenis fiber mesin Yamaha 40 PK dengan tujuan melakukan pengawasan mangrove di Tanjungpinang. Daya tampung sekitar 8 orang,” kata Kepala Satpol PP Tanjungpinang, Irianto kepada sidaknews.com, Selasa (29/12).

Irianto menjelaskan, pengawasan dilakukan seminggu sekali diperairan Kota Tanjungpinang dengan melibatkan beberapa personil Satpol PP bergantian. Karena, menurutnya, 80 persen hutan bakau mengelilingi wilayah kota ini.

“Hutan mangrove saat ini sudah bersertifikat dan memiliki surat yang dimiliki oleh warga guna dilestarikan. Untuk itu ditetapkan tapal batas mana daerah hijau yg akan dipantau. Ada 3 personil Satpol PP yang bisa membawa speedboat ini,” katanya.

Penyerahan bantuan berupa satu unit speedboat diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. Lis tampak menakhodai langsung speedboat dengan membawa kepala BLH Tanjungpinang, Yuswandi, Kepala Dinas Tata Kota Tanjungpinang, Eviyar dan Kasatpol PP Tanjungpinang, Irianto. (Aliasar)