Masyarakat Keluhkan Hasil Swab Belum Keluar, Tjetjep: Kita Baru Terima Sebagian

Seorang warga melaksanakan test swab usai Gubernur Kepri Isdianto dinyatakan positif corona beberapa waktu lalu.

Kepri, LintasKepri.com – Sebanyak 738 orang hingga kini masih menunggu hasil test swab yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Seorang masyarakat yang melaksanakan test swab, Novendra, menuturkan jika hasil test tersebut hingga kini belum juga ia ketahui.

Pasalnya, informasi yang ia terima, hasil tersebut akan keluar setelah 3 hari seusai melaksanakan test.

Padahal hasil tersebut sangat penting. Karena selama menunggu hasil tersebut keluar, ia melaksanakan karantina mandiri di rumah. Sehingga, dirinya tidak bisa bekerja untuk menafkahi keluarga.

“Kalau hari ini tak keluar juga hasil swabnya, saya yang keluar untuk kerja. Kasian anak dan istri kalau saya tidak kerja,” ujar Novendra, Rabu (5/8).

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, ketika dikonfirmasi menyebutkan jika pihaknya baru menerima data hasil swab masyarakat yang melakukan test pada 31 Juli 2020 kemarin.

“Kita baru menerima data yang (lakukan swab) tanggal 31. Itu belum semua, baru sebagian,” ujar Tjetjep melalui sambungan seluler.

Terkait teknis pengumuman hasil test swab, Tjetjep menuturkan nantinya Gugus Tugas akan menghubungi orang yang bersangkutan untuk diberitahu hasil test tersebut.

“Biasa kita hubungi masing-masing orang yang ikut test. Dan bisa juga dengan kita merilis datanya. Nanti saya akan koordinasi dengan Kadinkes Kota Tanjungpinang (Rustam),” kata Tjetjep.

Seperti diketahui, setelah Gubernur Kepri Isdianto dinyatakan positif COVID-19, sebanyak 738 masyarakat melakukan test swab di RSUD Raja Ahmad Tabib. Masyarakat tersebut mayoritas menghadiri acara syukuran pelantikan Isdianto di Gedung Daerah beberapa waktu lalu.

(san)