MAN 1 Natuna Mendominasi Peserta Ngaji di Kejari Natuna

Kajari Natuna, Juli Isnur, foto bersama Guru dan Siswa-siswi MAN 1 Natuna.

Kajari Natuna, Juli Isnur, foto bersama Guru dan Siswa-siswi MAN 1 Natuna.

Natuna, LintasKepri.com – Dalam rangka Syiar Islam di bulan suci Ramadhan 1439 hijriyah (2018), Kejaksaan Negeri (Kejari) Natuna, menggelar kegiatan Mengaji berhadiah, sepanjang Ramadhan tahun ini.

Kegiatan Mengaji ini, baru kali pertama diadakan oleh Kejari Natuna sepanjang sejarah. Kagiatan keagamaan ini mulai diperkenalkan oleh Kejari dimasa kepemimpinan Juli Isnur, SH.MH, sebagai Kepala Kejari Natuna.

Dalam acara Technical Meeting Mengaji di Kejari Natuna pada Selasa (08/05/2018) siang itu, Juli Isnur mengaku terpanggil untuk membuat kegiatan positif selama bulan suci Ramadhan. Salah satunya dengan melakukan kegiatan mengaji bagi masyarakat Natuna, 1 orang 1 jus 1 jam 1 hari.

“Saya berfikir, saat kita punya power, kenapa kita tidak gunakan dengan kegiatan yang positif, salah satunya dengan Mengaji bersama Kejari Natuna ini,” kata Juli Isnur dihadapan para calon peserta Mengaji.

Kata Juli Isnur, kegiatan Mengaji ini akan dilaksanakan selama 24 hari selama Ramadhan. Yaitu dimulai 1 hari menjelang Puasa, dan berakhir seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Kita mulai tanggal 15 Mei, dan selesai tanggal 8 Juni. Karena seminggu sebelum lebaran saya sudah berangkat, teman-teman di Kejari pun sudah pada libur,” katanya.

Hadiah yang diberikan oleh Kejari Natuna kepada peserta Mengaji ini, yaitu berupa baju kurung atau koko bagi peserta laki-laki, dan Mukena bagi peserta perempuan.

Pria asal Kalimantan Barat itu mengaku, bahwa pihaknya memberikan kesempatan lebih dari satu kali kepada masing-masing peserta, yang ingin kembali mengaji.

“Boleh Ngaji dua kali, tapi harus daftar lagi. Nanti tetap kita berikan bingkisan lagi. Pokoknya pahala ibadah dapat, hadiah juga dapat,” ujarnya.

Kegiatan Mengaji Kejari Natuna ini, akan disiarkan secara langsung oleh stasiun RRI Ranai, ketika bakda sholat Ashar hingga menjelang Adzan Magrib.

Dari sebanyak 287 peserta yang sudah mendaftarkan diri di Kejari Natuna, peserta dari Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 1 Natuna, menyumbangkan santri dan santriwati terbanyak, yaitu mencapai 40 orang peserta.

Para peserta asal MAN 1 Natuna ini pun akan diperlakukan istimewa oleh pihak Kejari Natuna, dengan diantar jemput ke asrama mereka, ketika akan Mengaji di Kejari Natuna.

Terpisah, Edi, salah seorang calon peserta Mengaji Berhadiah di Kejari Natuna ini, sangat mengapresiasi kegiatan Kejari Natuna yang dinilai sangat positif, dan patut menjadi Tauladan. Pasalnya, kegiatan semacam ini jarang sekali dilakukan oleh lembaga vertikal sekelas Kejari. Apalagi, ini merupakan kegiatan perdana yang digelar oleh Kejari Natuna, dalam rangka menyerukan Syiar Islam di bulan suci Ramadhan.

“Kegiatan ini sangat positif. Terbukti pesertanya mencapai 287 orang, dan ini masih bakal nambah lagi. Kami berharap kegiatan semacam ini akan terus dilakukan di Ramadhan yang akan datang,” ujar Edi kepada LintasKepri.com.

Selain siswa siswi sekolah dan masyarakat, kegiatan Mengaji ini juga diikuti oleh beberapa Pejabat Pemerintah Daerah Natuna, salah satunya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Natuna, Ilham Kauli.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top