Libur Tahun Baru 2020, Pengunjung Pantai Batu Kasah Natuna Membludak

Tampak Pantai Batu Kasah dipadati wisatan, saat libur tahun baru 2020.
Tampak Pantai Batu Kasah dipadati wisatan, saat libur tahun baru 2020.

Natuna, LintasKepri.com – Sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dibanjiri para pengunjung saat libur tahun baru 2020.

Salah satunya objek wisata Pantai Batu Kasah, Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan. Salah satu Geosite Geopark Nasional yang ada di Kabupaten Natuna tersebut, juga tampak sangat ramai didatangi para wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah.

“Pantai Batu Kasah memang selalu ramai dikunjungi warga saat liburan. Terutama saat libur nasional seperti saat ini,” ujar Zaki Husairi (25), salah seorang pengunjung yang ditemui media ini di Pantai Batu Kasah, Rabu (01/01/2020) petang.

Menurut Zaki, Pantai Batu Kasah memang menjadi salah satu tujuan wisata primadona bagi masyarakat lokal di Kabupaten Natuna. Pasalnya selain letaknya tidak terlalu jauh dari Ranai (Ibu Kota Kabupaten Natuna), pantai ini juga menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis.

Para wisatawan saat menikmati liburan di Pantai Batu Kasah.
Tampak sejumlah warga saat menikmati liburan di Pantai Batu Kasah.

Hamparan pasir putih dengan susunan batu granit raksasa, ditambah dengan rindangnya pepohonan kelapa dan jernihnya air laut yang ada disekitar pantai, membuat Pantai Batu Kasah mampu memanjakan mata bagi siapa saja yang mengunjunginya.

“Tempatnya cukup bersih, dan ditata dengan baik oleh pengelolanya. Lautnya juga cukup bersahabat, sehingga aman bagi pengunjung yang ingin mandi air laut,” katanya.

Zaki berharap kepada pengelola wisata Pantai Batu Kasah, supaya menambahkan fasilitas bermain bagi anak dan spot selfie yang menarik bagi pengunjung. Supaya Pantai yang terletak disebelah Selatan Pulau Bunguran Besar tersebut, terus menjadi tujuan favorit bagi wisatawan lokal maupun luar daerah.

“Saya juga berharap kepada para pengunjung, agar selalu menjaga kebersihan pantai. Karena pihak pengelola sudah menyiapkan tempat sampah, jadi agar kiranya tidak membuang sampah sembarangan. Saya lihat masih banyak pengunjung yang membuang sampah plastik di pantai, ini sangat disayangkan sekali. Mari sama-sama kita menjaga kebersihan, demi kenyamanan kita bersama,” pungkas Zaki.

Selfie merupakan salah satu aktifitas yang biasa dilakukan oleh para wisatawan.
Selfie merupakan salah satu aktifitas yang biasa dilakukan oleh para wisatawan.

Pantauan media ini dilapangan, juga tampak personel gabungan yang terdiri dari TNI, POLRI dan Basarnas Natuna, yang selalu siap siaga memberikan pengamanan kepada para pengunjung.

Diperkirakan ribuan wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah Natuna, mengunjungi Pantai Batu Kasah pada hari libur tahun baru kali ini. Pantai ini juga selalu ramai dikunjungi warga, saat libur akhir pekan.

Untuk diketahui, Pantai ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung bagi para wisatawan. Seperti Mushola, MCK, Ruang Informasi, Tempat Parkir, Gazebo serta Rumah Makan, yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cemaga Tengah.

Tampak salah seorang anak kecil sedang asik bermain pasir di Pantai Batu Kasah.
Tampak salah seorang anak kecil sedang asik bermain pasir di Pantai Batu Kasah.

Jika ingin merasakan pengalaman berwisata pantai yang menyenangkan di Batu Kasah, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 2 ribu perorang, yang digunakan pengelola sebagai biaya kebersihan.

Dari Kota Ranai, pantai ini dapat ditempuh sekitar 25 menit perjalanan, dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Laporan : Erwin Prasetio