Lantamal IV Tanjungpinang Gelar Karya Bakti di Kampung Bugis

Pemko Tpi
Lantamal IV Tanjungpinang bersama Pemko Gelar Karya Bakti di Kampung Bugis.
Lantamal IV Tanjungpinang bersama Pemko Gelar Karya Bakti di Kampung Bugis.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar kegiatan Karya Bakti bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Karya Bakti ini digelar secara serentak di wilayah Koarmada I dan pangkalan jajaran dibawahnya, Rabu (20/3).

Kegiatan dibuka langsung oleh Komandan Lantamal IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah bersama Walikota Tanjungpinang Syahrul di Surau Al Hajj.

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lantamal IV Tanjungpinang bersama Pemko Gelar Karya Bakti di Kampung Bugis.
Lantamal IV Tanjungpinang bersama Pemko Gelar Karya Bakti di Kampung Bugis.

Komitmen TNI tersebut diaktualisasikan dalam wujud kegiatan sosial berupa fisik dan non fisik yang secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya Kelurahan Kampung Bugis.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antar TNI dan pemerintah daerah agar merasakan begitu pentingnya keberadaan aparat keamanan untuk masyarakat serta menunjukkan eksistensi TNI menjadi pengayom masyarakat,” jelasnya.

Dalam rangkaian Karbak tersebut, Danlantamal IV bersama Walikota Tanjungpinang menyerahkan bahan kontak kepada peserta sebagai tanda dimulainya kegiatan Karbak.

Selanjutnya kedua pejabat tersebut melakukan penanaman bibit mangrove dan melakukan peninjauan tempat kegiatan Karbak mulai dari lokasi pembersihan lingkungan dan berakhir di tempat pengobatan umum yang berada di Kantor Kelurahan Kampung Bugis.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang Syahrul menyampaikan, sampah pada zaman sekarang sudah merupakan masalah global dan harus menjadi point penting dalam pengelolaannya.

Walikota Tanjungpinang Syahrul.
Walikota Tanjungpinang Syahrul.

“Beberapa waktu lalu saya mengikuti Rakernas yang membahas bagaimana cara mengatasi sampah, yang dihadiri sebanyak 10 menteri sebagai pembicara, bisa kita lihat ini merupakan masalah yang sudah masif untuk di Indonesia,” ungkapnya.

Syahrul juga mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini di wilayah Kelurahan Kampung Bugis.

“Untuk para warga Kampung Bugis ini merupakan suatu kehormatan dimana Danlantamal mengadakan kegiatan untuk melakukan pembersihan di area Kampung Bugis,” katanya.

Pada pelaksanaannya Karya Bakti di Wilayah Lantamal IV difokuskan kepada beberapa kegiatan antara lain di Kelurahan Kampung Bugis meliputi renovasi Surau Al Hajj, penanaman bibit mangrove sebanyak 1.500 batang pohon, pembersihkan parit sepanjang jalan Kampung Bugis, pengobatan umum, pemeriksaan gigi, khitanan, dan pelayanan KB.

Kegiatan ini melibatkan 405 orang gabungan dari instansi TNI dan Polri, Pemerintah Daerah, Jalasenastri, Mahasiswa, pelajar, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan serta masyarakat Kampung Bugis.

Hadir dalam pembukaan Karba tersebut antara lain Para Asisten Danlantamal IV, dan Kepala OPD serta Komandan yang berada di lingkungan Lantamal IV, perwakilan dari instansi militer dan Kepolisian, Pemerintah Daerah, Pengurus Korcab IV Daearh Jalasensatri Armada I, Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan, Mahasiswa dan Pelajar serta Pramuka Saka Bahari.

(hms)