Kunker ke Natuna, Pangkoarmada I Tinjau Berbagai Fasilitas TNI AL

img-20181027-wa0033_1

Natuna, LintasKepri.com – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda (Laksda) TNI Yudo Margono, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Rombongan Pangkoarmada I tiba di Bandara Lanud Raden Sadjad (RSA) Ranai, pada Sabtu (27/10/2018) siang, sekitar pukul 11:15 Wib.

Kedatangan Pangkoarmada I beserta rombongan di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah, disambut langsung oleh Wakil Bupati Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan dan sejumlah pimpinan FKPD serta OPD.

img-20181027-wa0034_1

Usai melakukan peninjauan fasilitas di Mako Lanal Ranai dan tatap muka bersama seluruh jajaran Lanal Ranai, Pangkoarmada I yang juga didampingi oleh Danlantamal IV, Laksamana TNI Eko Suyatno dan Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, langsung melakukan peninjauan ke Fasilitas Pelabuhan (Faslabuh) TNI AL, di Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga.

Laksda TNI Yudo Margono, mengatakan, bahwa tujuan Kunkernya ke wilayah Laut Natuna Utara, yaitu untuk meninjau secara langsung kesiapan berbagai fasilitas Pangkalan Terpadu TNI AL, yang tidak lama lagi akan diresmikan oleh Panglima TNI.

Menurut Panglima Bintang Dua tersebut, Faslabuh TNI AL di Selat Lampa sudah cukup layak dan memenuhi syarat, untuk mendukung berbagai operasi oleh satuan tugas (Satgas), disekitar Laut Natuna Utara.

img-20181027-wa0038_1

“Faslabuh ini sudah dapat untuk menampung Satgas Operasi, seperti untuk berlabuh KRI dan Kapal Selam kita,” ujar Yudo Margono.

Untuk meningkatkan keamanan diwilayah Perairan Indonesia bagian utara, seperti Natuna, Pangkoarmada I mengaku, pihaknya telah memprioritaskan 4 buah Kapal Republik Indonesia (KRI), yang setiap saat dapat beroperasi di wilayah Laut Natuna Utara.

“Dengan tingkat kerawanan yang terjadi diwilayah laut Natuna, saya rasa 4 KRI sudah cukup,” katanya.

Masih kata Yudo Margono, meski fasilitas untuk TNI AL sudah cukup memadai, namun masih terdapat kekurangan jumlah personil.

img-20181027-wa0035_1

“Idealnya 300 personil, yang ada baru sekitar 150 personil, jadi baru terpenuhi 50 persen. Namun secara bertahap akan kita penuhi,” tutur Yudo Margono.

Pangkoarmada I beserta rombongan, juga menyempatkan diri untuk meninjau Posal Sabang Mawang, dengan menumpangi KAL Pulau Bunguran, sekaligus meninjau 2 buah Kapal Illegal Asing (KIA) milik warga Vietnam, yang baru saja ditangkap oleh KRI Wiratno 379.

Sebelum meninggalkan Faslabuh TNI AL di Selat Lampa, Laksda TNI Yudo Margono juga sempat meninjau fasilitas di KRI Wiratno 379, seraya memberikan pengarahan kepada personilnya.

Pada malam harinya, rombongan juga melakukan temu ramah dan makan malam bersama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Natuna, di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai.

Turut mendampingi Kunker Pangkoarmada I, Ketua Jala Senatri Daerah Koarmada I, Ny. Veronica Yulis Prihayati Yudo Margono, Danlantamal IV Laksamana TNI R. Eko Suyatno, Asrena Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Ahmad Wibisono, Ny. Bina Yunita Ahmad Wibisono, Aslog Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Atmuji, beserta Ny. Hamid Atmuji dan ADC Pangkoarmada I Sertu Feri Rohmiadi.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top