Komisi II DPRD Lingga Kunker ke Diskominfo Tanjungpinang

Lingga Kab
Komisi II DPRD Lingga Kunker ke Diskominfo Tanjungpinang, Rabu (15/1).
Komisi II DPRD Lingga Kunker ke Diskominfo Tanjungpinang, Rabu (15/1).

Lingga, LintasKepri.com – Guna penguatan fungsi OPD Kominfo, Komisi II DPRD Lingga melakukan kunjungan Kerja Ke Diskominfo Kota Tanjungpinang, Rabu (15/1).

Ketua Komisi II DPRD Lingga, Syamsirwan, menuturkan, kunjungan terkait dengan pengesahan Peraturan Daerah tentang SOTK baru-baru ini yang didalamnya juga termasuk terbentuknya Dinas Kominfo dengan Tipelogi B yang terdiri dari dua bidang dan enam sub.

“Bidang untuk itu perlulah kiranya kami mendapatkan informasi dan masukan yang maksimal terkait tugas dan fungsi masing-masing yang ada dalam struktur serta kebutuhan pendukung guna memaksimalkan kinerja OPD mitra kami ke depan,” ucapnya.

Diwaktu bersamaan, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Lingga, Salmizi mengatakan, kunjungan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahim serta studi banding dalam rangka penguatan fungsi dan tata kelola teknologi informatika pada OPD yang menjadi mitra bagi Komisi II.

Foto bersama.
Foto bersama.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang Abdul Kadir Ibrahim mengatakan, pembentukan Diskominfo sangat tepat karna jangan sampai terjadi tumpang tindih fungsi dan kewenangan.

“Harus tegas dalam membagi tugas dan kewenangan, karna dengan terbentuknya Diskominfo berarti seluruh fungsi ke-Humasan akan berada dibawah Diskominfo termasuk kemitraan dengan media massa bahkan Kominfo akan menjadi wali data yang menjalin kemitraan dengan BPS, BIG serta mengamankan data serta aplikasi informatika yang ada di daerah,” paparnya.

Semoga, kata dia, OPD yang fungsi dan kewenangannya yang berpindah ke Kominfo memahami hal ini.

Ia berharap, Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi harus mampu menghimpun seluruh server yang ada di masing-masing OPD yang nantinya berada di media center. Selain itu menyiapkan Renstra serta Roadmap yang terkait dengan Kominfo.

“Alhamdulillah usaha untuk menyiapkan Bank Data serta mengintegrasi seluruh aplikasi yang ada di OPD yang akan kami awali dengan menyesuaikan sistim infrastruktur yang sudah ada serta menyiapkan website pada seluruh OPD hingga tingkat desa guna menerapkan keterbukaan informasi publik,” ucapnya.

(fiza)