Ketua RT/RW Terima Insentif Triwulan IV Se-Kota Tanjungpinang

Sejumlah RT Saat Menerima Insentif di Aula Bulang Linggi
Sejumlah RT Saat Menerima Insentif di Aula Bulang Linggi

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Dua hari menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan secara serentak, Pemerintah Kota Tanjungpinang menyerahkan Insentif Triwulan IV kepada 839 Ketua RT dan RW se-Kota Tanjungpinang di Aula Bulang Linggi Badan Perpustakaan Arsip dan Museum Jalan H. Agus Salim, Senin (7/12).

Insentif diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah secara simbolis.

Diacara tersebut, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyampaikan, RT dan RW merupakan perangkat pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

“Bapak/Ibu merupakan ujung tombak pemerintah yang memahami benar persoalan yang ada dilingkungan. Mulai dari kepengurusan administrasi hingga perkembangan penduduk di wilayahnya,” ungkap Lis.

RT dan RW harus berperan aktif menghimbau warganya untuk menggunakan hak pilih secara rasional, dan pentingnya menggunakan hak pilih.

“Bapak/Ibu harus berperan aktif menghimbau warganya untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desember nanti. Sehingga jumlah partisipasi pemilih Kota tanjungpinang pada tahun ini meningkat minimal 70 persen,” kata Lis.

Dia menjelaskan, untuk TPS dengan jumlah partisipasi pemilih tertinggi nantinya akan diberikan kambing, dan pihaknya pun telah mempersiapkan 6 ekor kambing per-Kecamatan.

“TPS Siapa yang terbanyak jumlah pemilihnya nanti akan dapat kambing,” ucap Lis.

Dirinya berpesan kepada seluruh RT dan RW untuk tetap netral, teruslah memberikan himbauan kepada warganya untuk memilih sesuai dengan hati nurani mereka masing-masing. Agar bisa bersama-sama bersinergi untuk menyukseskan Pilkada tahun ini dengan meningkatkan partisipasi pemilih.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Pemerintah Kota Tanjungpinang, Achmad Nur Fatah menjelaskan pemberian insentif bagi Ketua RT dan RW se- Kota Tanjungpinang ini tak lain adalah untuk memotivasi RT/RW dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai mitra pemerintah dalam melayani kebutuhan masyarakat.

“Insentif diberikan untuk triwulan IV tahun 2015 dari bulan Oktober hingga Desember sebesar Rp 375 ribu per bulan. Adapun jumlah RT/RW se-Kota Tanjungpinang sebanyak 839 yang terdiri dari perangkat RW sebanyak 166 orang, dan RT sebanyak 673 orang,” katanya.

Acaara pemberian insentif dihadiri para asisten, staf ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat serta Lurah di lingkup Pemko Tanjungpinang. Hadir pula sejumlah Anggota DPRD serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tanjungpinang. (Aliasar)