Pemko Tpi

Keragaman Budaya Meriahkan Malam Puncak HUT Ke-14 Kota Otonom

Pemotongan tumpeng oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, yang kemudian diberikan kepada Pejabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana, di malam puncak HUT Ke-14 Kota Otonom Tanjunghpinang, (17/10).
Pemotongan tumpeng oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, didampingi Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, yang kemudian diberikan kepada Pejabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana, di malam puncak HUT Ke-14 Kota Otonom Tanjunghpinang, (17/10).

Tanjungpinang, Lintaskepri.com – Puncak perayaan Hari Jadi Ke-14 Kota Otonom Tanjungpinang pada malam hiburan rakyat sekaligus malam tasyakuran di hari jadi kota otonom, dilaksanakan di Lapangan Pamedan A. Yani Tanjungpinang, Sabtu (17/10) malam.

Gelaran malam tasakuran itu diawali dengan pemasangan tanjak dan pemotongan tumpeng oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, yang kemudian diberikan kepada Pejabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana.

Dengan menghadirkan Cogan Band dari pemko tanjungpinang, kelompok sanggar seni yang menampilkan keragaman seni dan budaya dari berbagai daerah pada malam itu mampu menyedot perhatian ribuan warga  memadati kawasan lapangan Pamedan Ahmad Yani.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengatakan diusia ke 14 Kota Tanjungpinang sebagai kota otonom, sudah banyak perubahan dan pencapaian yang telah diwujudkan pemerintah dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, pencapaian itu pada dasarnya dilakukan atas kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdas oleh seluruh elemen masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta stakeholder yang selama ini turut memberikan dukungan dan bahu-membahu demi pembangunan Kota Tanjungpinang.

“Malam hiburan rakyat yang kita adakan malam ini adalah untuk memberikan hiburan bagi seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang, disamping itu moment hari bersejarah terbentuknya kota otonom ini perlu diingat oleh seluruh elemen masyarakat, karena dalam kurun waktu 14 tahun telah banyak perubahan-perubahan yang telah dilakukan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.  Selamat hari jadi kota otonom, semoga Tanjungpinang semakin maju, mudah-mudahan Pemko dapat terus memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat,” Kata Lis.

Sementara itu, Pejabat Gubernur Kepri, Ir. Agung Mulyana, M. Sc, menyampaikan ucapan dirgahayu kota otonom Tanjungpinang ke-14, “Semoga visi dari pemerintah Kota Tanjungpinang dapat diwujudkan,” ucapnya.

Agung mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengembangkan atraksi, pemerintah provinsi sendiri akan mendukung apa saja atraksi yang bernilai jual untuk mendatangkan wisatawan di provinsi Kepri.

Tak hanya itu saja, Pemprov kepri juga akan mendukung Pemko Tanjungpinang untuk meningkatkan pelayanan publik yang efesien, responsif, akuntabel dan partisipatif, “Pemerintah harus dapat menjalankan sistem pelayanan yang mudah diakses, seperti pengurusan izin usaha melalui sistem online, dengan menggunakan sistem pelayanan internet, maka masyarakat tidak perlu repot datang ke kantor perizinan, cukup buka internet dan mengaksesnya dari rumah,akan hal itu, Pemprov Kepri akan membantu pemerintah Kota Tanjungpinang untuk mewujudkan pelayanan yang efektif dan efesien tersebut,” ungkapnya.

Malam hiburan rakyat sampena hut ke-14 kota otonom terlihat begitu meriah dan semakin semarak dihiasi dengan indah pagelaran tari melayu, tari tor-tor, tari payung, atraksi barongsai serta musikal hanoman merangkum keanegaragaman budaya yang ada di Kota Tanjungpinang.

Sontak saja pagelaran yang disajikan pada malam itu membuat masyarakat sangat antusias, mereka tampak berkumpul  mendekati arena panggung untuk menyaksikan dari dekat, meski malam  semakin larut, warga tak mau beranjak hingga pagelaran malam hiburan itu selesai.

Acara itu turut dihadiri, Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono,  Unsur pimpinan FKPD, Pimpinan DPRD, Ketua TP-PKK  Yuniarni Pustoko Weni, Ketua GOW Juariah Syahrul, Ketua DWP Ersa Famella Riono, para Asisten, Staf Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat, Lurah dilingkungan Pemko Tanjungpinang, serta tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.(Hum/Red)