Kasus DBD di Tanjungpinang Turun Dibandingkan Tahun Lalu

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Tanjungpinang mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

“Terjadi penurunan kasus DBD tahun ini dibandingkan tahun lalu di Tanjungpinang,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, Jumat (5/6).

Dia menjelaskan, kasus DBD yang terjadi awal Januari-Mei 2020 sebanyak 105 orang. Tahun lalu dengan rentang bulan yang sama ada 226 kasus.

“Total keseluruhan untuk tahun 2019 mulai Januari-Desember berjumlah 432 kasus,” ungkap Rustam.

Dia berharap hingga akhir tahun 2020 tidak terjadi peningkatan kasus DBD di Tanjungpinang.

“Kita harapkan masyarakat senantiasa menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya serta lakukan pola hidup sehat,” pesan Rustam.

Ia juga mengimbau masyarakat agar membersihkan rumah dengan cara 3M yaitu menguras bak mandi, kendi, drum dan tempat penampungan air lainnya.

Kemudian menutup rapat-rapat tempat penampungan air. Selanjutnya mengubur barang bekas di dalam tanah agar tidak membuat lingkungan semakin kotor yang dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Selain itu, pelihara ikan pemakan jentik-jentik (anak nyamuk), menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi.

“Serta gotong-royong membersihkan lingkungan,” tutup Rustam.

(cho)