Kapolres Bersinergi Bersama IWO Tanjungpinang Melawan Hoax

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi berfoto bersama Pengurus IWO Tanjungpinang.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi bersinergi dengan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Tanjungpinang dalam melawan berita bohong (hoax).

Dirinya yang baru menjabat beberapa hari sebagai Kapolres Tanjungpinang menggantikan AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, meminta kepada wartawan media online yang tergabung dalam organisasi profesi IWO agar menyampaikan berita benar sesuai fakta.

Ia menyampaikan hal itu dalam rangka bersilaturahmi dengan pengurus IWO setempat di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (6/4).

“Ini suatu upaya bagi saya sebagai orang baru di Tanjungpinang Kota Gurindam, saya merasakan bagaimana pentingnya teman-teman media bisa menjadi partner, dan sebagai salah satu strategi untuk menyampaikan peran dan tugas Polres Tanjungpinang kepada masyarakat,” kata AKBP Ucok Lasdin Silalahi didampingi Kasat Intelkam Polres Tanjungpinang, AKP Monang Parlagutan.

Mantan Kapolres Lingga ini mengutarakan, dengan bermitra bersama wartawan yang tergabung didalam IWO, Polres Tanjungpinang akan terbantu tidak hanya dari segi kerjasama publikasi kegiatan. Namun sebagai penyampai informasi untuk masyarakat.

“Saya bersama jajaran anggota Polres Tanjungpinang akan memiliki nilai jika apa yang kami kerjakan sampai di masyarakat. Oleh karena itu kami sampaikan kepada sebagian masyarakat apa pun yang terjadi maupun kebutuhan, permasalahan masyarakat dapat ditangani bersama,” tuturnya.

Selain itu, sambung Ucok, di era keterbukaan informasi saat ini, peran serta IWO sebagai wadah wartawan diutamakan. Mengingat informasi yang nantinya sampai di masyarakat dapat dimengerti dengan jelas dan berimbang.

Menurutnya, IWO adalah salah satu wadah yang dapat memberikan informasi yang baik dan berguna untuk masyarakat.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi (kanan) foto bersama Ketua IWO Tanjungpinang Iskandar Syah (kiri).

Ia mengatakan, sebagai wartawan, IWO juga diminta untuk dapat mengkritik kinerja Polres Tanjungpinang. Hal itu bertujuan agar jajarannya dapat mengkoreksi kinerja pelayanan yang masih dinilai kurang.

“Nilai-nilai pertahanan dan pelayanan polisi yang masih dinilai kurang dari sisi kepatutan dan nilai angggota yang masih kurang harus diungkap di masyarakat. Saya minta wartawan mengkritik, gak apa apa, yang penting sifatnya berimbang, membangun, dan dapat dipercaya,” ungkapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua IWO Tanjungpinang Iskandar Syah dalam silaturahmi tersebut mengatakan, sebagai salah satu organisasi profesi wartawan di Tanjungpinang, sedia bersinergi membantu kinerja Polres Tanjungpinang dalam segala hal.

“Saya mewakili segenap pengurus IWO Tanjungpinang berharap Polres Tanjungpinang dapat bersinergi dalam rangka koordinasi antara wartawan dengan Polres Tanjungpinang baik dalam hal publikasi pengungkapan kasus, himbaun hukum, maupun laporan masyarakat yang ditangani Polres Tanjungpinang,” katanya.

Iskandar mengungkapkan, kehadiran IWO dalam silaturahmi tersebut juga upaya untuk memperkenalkan kepengurusan IWO dan tata kerja hingga program organisasi IWO Tanjungpinang yang dapat disenergikan dengan Polres Tanjungpinang.

“Beberapa program IWO sudah dijalankan, kedepan ada beberapa program yang akan dijalankan lagi. Menurut hemat kami, sedianya Polres Tanjungpinang dapat bekerjasama dalam program-program tersebut,” ucapnya.

Usai berdiskusi dengan Kapolres tersebut, pengurus IWO Tanjungpinang menggelar deklarasi bersama Polres Tanjungpinang melawan Hoax dan isu Suku, Ras dan Agama (SARA) yang dapat mengganggu keutuhan NKRI.

(dar)

Baca juga :

Top