Kapolda Kepri : TNI-Polri Sama-sama Bertugas Mengayomi Masyarakat

Kapolda beserta Istri memberikan tas sekolah kepada putra dan putri anggota TNI, yang menyambutnya didepan Makodim 0318/Natuna.
Kapolda beserta Istri tampak memberikan tas sekolah kepada putra dan putri anak anggota TNI, yang menyambutnya didepan Makodim 0318/Natuna.

Natuna, LintasKepri.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepri, Irjen Pol Didid Widjanardi, ditemani Ketua Bhayangkari Kepri, Ny. Erna Didid Widjanardi, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Natuna. Rabu (18/04/2018) siang.

Kedatangan Kapolda Kepri beserta rombongan di Lanud Raden Sadjad (RSA) Ranai, disambut langsung oleh Bupati Natuna, yang diwakili oleh Sekda Wan Siswandi, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Danlanud RSA Kolonel (Pnb) Azhar Aditama, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, Dandim 0318/Natuna Letkol Inf. Yusuf Rizal, Anggota DPRD Natuna Wan Sofian, para personil TNI, Polri dan sejumlah pejabat Pemda Natuna.

Jenderal Bintang Dua itu, sempat memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media, terkait kedatangan perdananya di Bumi Sakti Rantau Bertuah ini. Ia menyebutkan, bahwa dirinya sengaja datang ke Natuna, untuk melihat secara langsung para personilnya yang menjalankan tugas negara didaerah perbatasan.

Kapolda dan jajaran TNI-Polri foto bersama didepan Makodim 0318/Natuna.
Kapolda dan jajaran TNI-Polri foto bersama didepan Makodim 0318/Natuna.

Ia pun menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan ke Mako Lanal Ranai dan Makodim 0318/Natuna.

Dalam sambutannya ia mengatakan, bahwa TNI dan Polri sama-sama memiliki tugas untuk mengamankan kedaulatan wilayah Indonesia.

“Tugas TNI dan Polri Sama-sama mengayomi masyarakat,” kata Didid, saat berkunjung ke Makodim 0318/Natuna.

Didid juga berpesan kepada Dandim dan Kapolres, agar selalu solid dan bersinergi dalam berbagai hal, terutama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

“Saya titipkan ke Pak Dandim, agar selalu bersinergi bersama Polres Natuna. Saya bangga dengan Satuan TNI dan Polri disini, yang memiliki kedekatan emosional, ini perlu kita pelihara. Dan kita harus sadar, bahwa meskipun kerja kita berbeda, namun kita memiliki tujuan yang sama,” pesan Kapolda kepada jajaran Kodim dan Polres Natuna.

Sementara itu dalam sambutannya Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf. Yusuf Rizal mengatakan, bahwa TNI dan Polri, khususnya yang bertugas diwilayah Natuna, sangat memiliki kedekatan dan selalu bersinergi dalam banyak hal. Diantaranya sering membuat kegiatan bersama, hingga ngopi bersama antara personil TNI dan Polri. Hal ini membuktikan keharmonisan hubungan antara kedua lembaga vertikal didaerah perbatasan tersebut.

“Kami punya rekan kerja di dua daerah, yaitu Natuna dan Anambas. Kapolres Natuna dan Kapolres Anambas, sangat baik sama saya. Bahkan hubungan baik ini bukan hanya antar satuan saja, namun juga seluruh jajaran TNI-Polri,” ungkap Yusuf Rizal.

Kata Dandim, ada kelebihan yang dimiliki oleh Polri di daerah perbatasan, ketimbang TNI diwilayah yang sama. Yaitu jajaran Polri di Natuna sudah mendapatkan tunjangan tugas diwilayah perbatasan, sementara jajaran TNI, belum ada.

“Makanya saya mau belajar dulu sama Pak Kapolres, kira-kira prosedurnya gimana, kok bisa jebol mengajukan tunjangan gaji. Kami juga ingin mendapatkan kesejahteraan yang sama dengan anggota Kepolisian,” keluh Yusuf Rizal.

Usai melaksanakan sambutan, Kapolda juga memberikan cendera mata kepada Kodim 0318/Natuna berupa alat musik orgen berlogo “TNI-Polri Solid”, dan berbagai bingkisan lainnya. Acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Kapolda beserta rombongan masih akan melaksanakan berbagai kegiatan di Natuna, selama 3 hari kedepan. Salah satunya dengan melaksanakan temu ramah bersama jajaran Polres Natuna, pada Kamis (19/04) pagi, di Mako Polres Natuna.

Laporan : Erwin Prasetio