Kapolda Kepri Apresiasi Renovasi Office Polres Tanjungpinang

-Ciptakan Layanan Masyarakat Yang Humanis

Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian saat disambut Tarian persembahan Skapur Sirih di halaman Polres Tanjungpinang, Rabu (27/4)
Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian saat disambut Tarian persembahan Skapur Sirih di halaman Polres Tanjungpinang, Rabu (27/4).

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian mengapresiasi hasil kerja renovasi office (ruang pelayanan,red) Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang saat kunjungannya, Rabu (27/4) siang tadi.

Disambut Kapolres Tanjungpinang, AKBP Kristian P Siagian serta tarian sekapur sirih, Sam Budigusdian membuka pintu masuk ruang office Polres Tanjungpinang yang sepekan ini baru saja dibenahi.

Kepada sejumlah media, Kapolda Kepri, Sam Budigusdian mengungkapkan kebaanggannya kepada Polres Tanjungpinang yang mampu mengubah suasana kantor layanan masyarakat tersebut menjadi lebih menarik, hingga ia pun mengumpamakan kantor Polres Tanjungpinang serupa seperti loby hotel, ataupun perbankkan, sehingga menciptakan kondisi yang nyaman.

“Saya kira ini adalah keinginan yang luar biasa untuk memberikan layanan yang baik lagi di Polres Tanjugpinang, jadi orang memasuki kantor polisi pun tidak seram, kantornya enak dilihat, foce officenya seperti Kantor-kantor layanan publik lainya, seperti hotel. Saya berharap layanan dipolres lainnya juga supaya lebih bagus, artinya yang bersifat humanis, sehingga orang tidak takut melapor,” kata Sam Budigusdian kepada sejumlah media usai pertemuan bersama Polres Tanjungpinang.

Kapolda juga mengatakan, keinginannya untuk menciptakan suasana yang harmonis harus sejak dini. Kata Sam dengan menyampaikan informasi dan melayani dengan baik, tentunya masyarakat akan terlayani dengan puas.

“Inilah yang coba kita lakukan ditataran masyarakat demokratis sekarang, menuntut Polisi juga lebih baik lagi di masyarakat. Kita juga sedang melatih cara berkomunikasi dengan layanan dan sebagainya,” ujarnya.

Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian saat di wawancarai sejumlah media
Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian saat di wawancarai sejumlah media di halaman Polres Tanjungpinang.

Dia juga berharap kepada para pewarta untuk dapat membantu dan menjalin kerjasama yang baik dengan pihak kepolisian.

“Kita juga tidak bisa langsung menjadikan Polda Kepri langsung hebat. Kita latih pelan-pelan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kita juga meminta kepada rekan-rekan media untuk membantu sebagai mitra polisi,” ujarnya meninggalkan pesan.

Kata Sam Budigusdian, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, Polres Tanjungpinang harus lebih berhati-hati, dan untuk apa yang sudah di sepakati semisal “Tanjungpinang Zero Narkoba” yang merupakan program unggulan Polres Tanjungpinang, harus ditepati sejak didalam lingkungan sendiri, semisal, untuk anggota kepolisian supaya tidak terlibat masalah Narkoba.

“Seperti yang saya sampaikan sebelunya, Polisi akan berikan pelayanan kepada masyarakat di Tanjungpinang dengan hati. Apa yang sudah dideklarasikan buktikan, bahwa kalian tidak terlibat dengan Narkoba dan saya harapkan layanan-layanan kepolisian dapat bekerja maksimal,” tegasnya.

Sementara untuk peningkatan status Polres Tanjungpinang, Kapolda menerangkan, sejauh ini Polda Kepri telah mengusulkan itu hingga ketingkat Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) dari pengajuan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), hal itu menurutnya, mengingat daerah Ibukota Provinsi Kepri, seperti Kota Tanjungpinang telah menghadapi banyak tantangan, dan ancaman kejahatan yang semakin tinggi, tentunya perlu dioptimalkan.

“Melihat ini adalah Ibukota Provinsi, dan ini sudah Polresta, ancaman dan tantangan yang kuat juga silih berganti, sehingga harus ditingkatkan statusnya. Terkait keberhasilan yang sudah dilakukan, semoga terus dioptimalkan, saya harap kekuatan dan fungsi-fungsinya diperkuat keluar. Sementara untuk pengusulan peningkatan setatus, yang jelas sudah sampai Mabes Polri, yang memutuskan disana setelah itu kita akan memberikan tagihan juga, dan menganalisis segera,” tutupnya sembari meninggalkan Polres Tanjungpinang bersama para petinggi Polda Kepri lainnya. (Aji Anugraha/Afriadi)