Kapal Yacht Milik Warga Jepang Ditemukan Terapung di Perairan Natuna

img-20180524-wa0021

Natuna, LintasKepri.com – Sebuah kapal yacht (boat layar) ditemukan terombang ambing tanpa awak, disekitar perairan Midai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kapal berbendera Malaysia ini pun langsung di evakuasi oleh pihak TNI AL, kesebuah Pelabuhan di Midai.

Kapal Yacht yang bernama Fukumaru itu, diketahui milik warga negara Jepang. Disinyalir kapal mengalami kerusakan mesin, lalu ditinggalkan oleh pemiliknya.

Kapal tersebut dibiarkan mengapung tanpa awak. Salah seorang nelayan yang sedang melaut curiga dan melaporkan hal ini kepada pihak berwajib.

TNI AL melalui Lanal Ranai, sebenarnya sudah menerima informasi berita kecelakaan Kapal Yacht Fukumaru dari hasil koordinasi antara Basarnas Natuna dan Basarnas Daerah yang berkoordinasi dengan Guspurla Armada I dan Guskamla Armada I.

img-20180524-wa0022_1

Laporan Basarnas Natuna ke Puskodal Mako Lanal Ranai masuk, tentang adanya kejadian kerusakan mesin yang menimpa Kapal Yacht Fukumaru di Perairan Midai, Kabupaten Natuna, Rabu (23/5) sore pada posisi 02.56.472 N  107.391. E.

Pihak Basarnas meminta pihak TNI AL untuk membantu melakukan SAR dan evakuasi. Dari informasi tersebut maka pihak Lanal Ranai langsung berkoordinasi dengan Koarmada I untuk melaksanakan perbantuan pencarian dengan KRI dan pesawat patroli maritim milik TNI AL.

Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, menerima perkembangan informasi dari Kabasarnas bahwa tiga kru kapal rupanya sudah dievakuasi lebih dulu oleh kapal berbendera Malta menuju Malaka, Malaysia.

“Lanal Ranai menerima laporan penemuan Kapal Yacht Fukumaru dari seorang nelayan bernama Amrizal Muktar, serta pantauan unsur Udara Pesawat Patroli maritim TNI AL Cassa U-618 BKO Guspurla Koarmada I,” kata Harry, seperti dilansir dari batamnews.co.id.

Ia menjelaskan, personel Posal Midai yang berlokasi sekitar 20 NM dari lokasi kejadian untuk melakukan SAR dan evakuasi terhadap Kapal Yacht Fukumaru. Kapal dibawa ke dermaga Pasar Midai depan Pos AL dengan menggunakan KM. Anugerah Suci.

Dari laporan hasil tracking yang dilakukan, ketiga nama awak Yacht, yakni dua pria bernama Akio Fukumoto dan Kinuichi Iwasa, serta seorang wanita bernama Mayumi Sasaki. Mereka berangkat dari pelabuhan asal Langkawi.

Saat ini Kapal Yacht Fukumaru sudah sandar didermaga Midai dan dalam pengawasan Pos AL Midai Lanal Ranai, untuk proses lebih lanjut dan menunggu hasil koordinasi dengan pihak terkait.

Editor : Erwin Prasetio