Kadis Dukcapil Natuna Targetkan KIA Capai 50 Persen di 2018

Kadis Dukcapil Natuna, Ilham Kauli, saat menunjukkan KIA.

Kadis Dukcapil Natuna, Ilham Kauli, saat menunjukkan KIA.

Natuna, LintasKepri.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kabupaten Natuna, Ilham Kauli, menargetkan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA), mencapai 50 persen di tahun 2018 ini.

Hal ini disampaikan Ilham Kauli, saat dijumpai lintaskepri.com beberapa waktu lalu diruang kerjanya. Menurutnya, hingga akhir 2018 nanti, pihaknya akan berhasil mencapai target yang diinginkan.

“Sekarang baru sekitar 40 persen lebih. Namun saya yakin, akhir 2018 mencapai target kami, yaitu 50 persen. Karena sampai saat ini kita terus melakukan pencetakan,” ujar Ilham Kauli, optimis.

Dari sekitar 26 ribu anak usia 0-17 tahun kurang satu hari, saat ini pencetakan dan pendistribusian KIA sudah melebihi angka 10 ribu anak. Itu artinya, hampir separuh dari jumlah anak yang ada, sudah memiliki KIA.

Kantor Disdukcapil Natuna.

Kantor Disdukcapil Natuna.

Kata Ilham Kauli, selain melakukan pencetakan KIA, pihaknya juga terus melakukan pelayanan dan pencetakan kartu administrasi kependudukan lain, dengan mesin cetak yang sama. Sehingga hal inilah yang sedikit menghambat pencetakan KIA dengan skala besar.

“Karena sarana dan prasarana kita terbatas. Mesin printer kita cuma satu, untuk cetak KIA dan KTP. Lalu petugas kita pun juga terbatas, tidak ada yang bekerja khusus untuk mencetak KIA. Mereka juga melakukan pelayanan lainnya. Inilah yang menghambat kita,” terang Ilham Kauli.

Dengan keterbatasan sarana dan prasarana serta petugas, membuat pencetakan KIA secara massal untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah, jadi terhambat.

“Namun kita tetap terus mencetak KIA. Misalnya ada anak yang lahir dan mengurus akta kelahiran, mereka langsung kita terbitkan KIA,” tegas Ilham Kauli, mengakhiri.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top