Kadis DLH Lingga Ikut Aksi World Cleanup Day

DPRD Lingga
Lingga Kab

Lingga, LintasKepri.com – Gerakan World Cleanup Day (WCD) yang dilaksanakan Gerakan Pemuda Panggak Laut (GEMPAL) mendapat respon positif dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lingga.

Armia Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga turun langsung bersama anggotany ikut serta dalam pelaksanan WCD yang di laksanakan Gempal di Desa Panggak Laut Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga, Sabtu (18/9).

“Saya sangat mengapresiasi Gempal yang telah menyelenggarakan kegiatan WCD, saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Panggak Laut turut mendukung kegiatan sosial tersebut guna menjaga kebersihan daerah kita,” tutur Armia di hadapan masyarakat Panggak Laut dan relawan WCD.

Armia berharap, kegiatan pilah sampah dari rumah ini bukan hanya dilakukan pada hari ini saja, kegiatan ini harus kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari, untuk menerapkan hidup sehat ditengah masyarakat.

“Kami sendiri DLH Lingga besok juga akan melaksanakan WCD di Dabok Singkep di pantai Sergang salah satu tempat wisata pantai yang menjadi pusat perhatian wisatawan,” sebutnya.

Pada tahun berikutnya kita akan menyurati seluruh Desa se-Kabupaten Lingga untuk menjadikan WCD ini agenda tahuna di setiap Desa.

“Kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, mari kita bersama-sama peduli dan sadar akan kebersihan lingkungan,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu juga Armia menyampaikan, DLH Lingga sudah mengusul kan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) pada angaran APBD-P Lingga tahun 2021.

“Alhamdulilah sudah disetujui Pemkab Lingga, dalam waktu dekat ini kita akan membangun TPA, sebelumnya kita hanya mempunyai lahan sewa untuk pembuangan sampah, jadi nanti kita tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk sewa lahan, karena tempat yang baru ini lahan nya dihibahkan masyarakat,” sebut Armia.

Pada kesempatan itu juga Ketua Gempal Agung Yuda Pratama yang juga merupakan Kepala Desa Panggak Laut, mengucapkan ribuan terima kasih kepada anggota Gempal dan seluruh masyarakat yang telah ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan WCD ini.

“Kegiatan sosial yang dilaksanakan Gempal bukan saja pada kegiatan WCD ini saja, semenjak terbentuknya Gempal, Gempal selalu hadir dalam kegiatan sosial khusus ditengah-tengah masyarakat Panggak Laut,” sebut Agung.

Agung membeberkan, kegiatan WCD serentak dilakukan di 187 Negara dan 34 Provinsi dengan 13 juta relawan.

“Alhamdulilah Gempal hadir di kegiatan WCD untuk menciptakan lingkungan yang bersih, dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan dengan mengelola sampah,” tutur Agung yang juga merupakan Kades termuda se-kabupaten Lingga.

Dalam aksi tersebut terdapat beberapa titik sasaran bersih bersih, yaitu pasar Daek Lingga, Merawang dan Panggak Laut.

“Adapun komunitas relawan WCD Kabupaten Lingga hari ini juga serentak melaksanakan kegiatan sosial di Desa Kote, Singkep Pesisir dan Dabok Singkep,” pungkas Agung.

(fza)