'

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kapolres Natuna Minta Seluruh Elemen Masyarakat Tidak Egosektoral

Kapolres Natuna saat memberikan himbauan didepan peserta Basembang Bercerite Polres Natuna.

Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK., saat memberikan himbauan didepan peserta Basembang Bercerite Polres Natuna 2019.

Natuna, LintasKepri.com – Kepolisian Resort (Polres) Natuna, kembali menggelar kegiatan Basembang Bercerite Kamtibmas. Bertempat di Aula Serbaguna Natuna Hotel, Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur, pada Sabtu (07/12/2019) siang.

Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK., menuturkan, bahwa tidak lama lagi ummat nasrani, katolik dan protestan, akan memperingati Hari Raya Natal pada 25 Desember 2019. Untuk itu pihaknya berharap agar seluruh elemen masyarakat, termasuk para Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Masyarakat Kepemudaan (OKP) dan antar lintas agama, dapat memberikan rasa aman bagi saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah.

“Saya harap Ormas, OKP dan seluruh elemen masyarakat lainnya, untuk bisa memberikan kontribusi positif. Jangan munculkan sikap egosektoral. Kita harus bisa saling menghargai satu sama lain,” tegas Nugroho.

Nugroho menjelaskan, bahwa pihaknya bersama aparat TNI dan lembaga lainnya, siap untuk melakukan pengamanan menjelang, saat dan pasca berlangsungnya hari Raya Natal dan tahun baru 2019, diwilayah Kabupaten Natuna.

Suasana Basembang Bercerite Polres Natuna tahun 2019.

Suasana Basembang Bercerite Polres Natuna tahun 2019.

Meski demikian, pihaknya juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat, agar sama-sama memberikan rasa aman terhadap para ummat nasrani dan katolik saat melaksanakan ibadah.

Karena kata Nugroho, meskipun di Natuna belum ada aliran radikalisme yang berpotensi untuk menargetkan aparat keamanan dan ummat tertentu, namun hal ini harus menjadi perhatian bersama untuk diantisipasi sejak dini.

“Bukannya kami ingin menakut-nakuti, tapi memang di Indonesia ada aliran yang menghalalkan segala cara dengan menargetkan aparat keamanan dan ummat tertentu. Memang di Natuna belum ada, namun ini harus tetap diantisipasi. Tujuannya ya demi kemaslahatan umat dan masyarakat,” ungkap Nugroho.

Selain itu, Nugroho juga berharap agar para Pastur dan Pendeta dari berbagai Gereja, dapat memberikan agenda pelaksanaan ibadah, serta menyampaikan data para jamaat yang ikut beribadah saat hari raya Natal nanti. Hal ini bertujuan demi terciptanya faktor keamanan dan kondusifitas lingkungan jelang dan pasca hari raya Natal dan tahun baru 2019.

“Mari kita akhiri tahun 2019 ini dengan hal-hal yang positif dan berguna bagi daerah serta seluruh masyarakat,” harap Nugroho.

Sementara itu Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos., M.Tr (Han) menyampaikan, bahwa perbedaan suku, ras, agama dan budaya, jangan pernah menjadi perdebatan. Namun jadikan perbedaan ini sebagai alat serta kekuatan demi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Deklarasi dukungan terhadap TNI, POLRI dan Pemerintah untuk Ciptakan Kamtibmas diakhir tahun 2019 dan awal tahun 2020.

Deklarasi dukungan terhadap TNI, POLRI dan Pemerintah untuk Ciptakan Kamtibmas diakhir tahun 2019 dan awal tahun 2020.

“Perbedaan ini merupakan ciri khas dari bangsa Indonesia. Mari kita saling menghormati, menghargai dan saling bertoleransi. Kalau ini sudah bisa diwujudkan, maka yang lahir adalah perdamaian,” tutur Ferry.

Namun kata dia, Natuna merupakan salah satu daerah yang sangat kompak dan saling bertoleransi antar suku, agama, ras dan budaya. Begitu juga para pimpinan Eksekutif, Legislatif dan FKPD nya juga sangat kompak dalam berbagai hal positif.

“Hal ini baru saya rasakan di Natuna. Ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” pungkas Ferry.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua I DPRD Natuna Daeng Ganda Rahmatullah beserta anggotanya yang terdiri dari Ketua Komisi I Wan Arismunandar, Ketua Komisi III Rusdi, serta anggota lainnya yaitu Henry FN dan Eri Marka. Lalu hadir pula Ketua LAM Natuna H. Wan Zawali, Kepala Bakesbangpol Natuna Muchtar Ahmad, para Camat, Ketua KNPI terpilih Haryadi, para pimpinan OKP, Ormas, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat serta para tamu undangan lainnya.

Wakil Ketua I DPRD Natuna beserta para anggota dan sejumlah Ormas, OKP, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta elemen masyarakat lainnya, juga menyempatkan diri untuk mendeklarasikan dukungan kepada pihak TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, untuk menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Natuna, selama akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 mendatang.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top