HUT Bhayangkara ke 72, Ini Kadonya untuk Negara Indonesia

img-20180711-wa0006_1

Natuna, LintasKepri.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri), menggelar upacara hari ulang tahun (HUT) ke 72. Tak terkecuali dijajaran Kepolisian Resort (Polres) Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Rabu (11/07/2018) pagi.

Dalam hal ini, Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal, bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup). Sementara Kasatbhara Polres Natuna, AKP Rudi Prasetyo, bertindak sebagai Pemimpin Upacara.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang disampaikan oleh Bupati Natuna mengucapkan, bahwa Pemerintah Indonesia memberikan Apresiasi setinggi-tingginya, kepada para anggota Polri yang bertugas di daerah tertinggal, terisolir, terpencil, terluar, terdepan dan atau perbatasan. Selain itu, apresiasi ini juga ditujukan kepada setiap anggota Polri, yang terlibat dalam melakukan pengamanan arus mudik lebaran 1439 hijriyah, Pemilukada 27 Juni 2018, ASEAN Games 2018 dan jelang Pemilu Legislative dan Pilpres 2019 mendatang.

img-20180711-wa0009_1

“Saya yakin, apa yang dilakukan Polri adalah wujud terbaik pengabdian Polri terhadap Masyarakat, Bangsa dan Negara,” ungkap Presiden, yang disampaikan oleh Bupati Natuna.

Selain itu, Polri juga ikut berperan dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban dilingkungan Masyarakat (Kamtibmas). Sehingga tahun ini Negara kita Indonesia berhasil bertengger diperingkat ke 9 dengan nilai 89, dari 10 negara teraman di dunia, mengalahkan Denmark diposisi ke 10, dengan nilai 88. Sementara Indonesia hanya terpaut 1 angka dari Kanada diperingkat ke 8, dengan nilai 90.

Pencapaian membanggakan ini, merupakan kado terindah bagi Negara tercinta kita Indonesia, yang turut ditorehkan oleh Polri. Apalagi, tahun ini Polri berhasil memperbaiki citranya, dengan berhasil merangsek ke peringkat 3, sebagai lembaga dengan tingkat kepercayaan tertinggi dari masyarakat.

img-20180711-wa0011_1

“Ini adalah pencapaian yang sangat membanggakan, karena kerja keras jajaran Polri selama ini. Namun saya ingatkan, Polri jangan mudah puas dengan pencapaian ini, karena kedepan masih ada tantangan berat dan kompleks, sesuai dengan perkembangan zaman,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa Polri harus bisa mengikuti perkembangan technologi, yang semakin hari semakin canggih. Bahkan saat ini sudah banyak kejahatan yang dilakukan melalui perkembangan technologi.

“Dengan berkembangnya technologi, Polri harus terus meningkatkan kewaspadaan, jangan pernah lengah. Harus segera melakukan pemetaan sejak dini, guna melakukan langkah pencegahan terhadap gangguan dan kejahatan,” katanya lagi.

Presiden juga berharap, agar Polri selalu menjaga sinergitas, solidaritas dan soliditas, bersama jajaran TNI, Pemerintah dan Masyarakat, dalam menjaga Kamtibmas.

img-20180711-wa0012

Upacara tersebut diakhiri dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal, Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti, Ketua DPRD Natuna Yusripandi, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Dandim 0318 Natuna Letkol (Inf) Yusuf Rizal, dan sejumlah pimpinan FKPD, OPD dan anggota DPRD Natuna.

Diakhir acara, juga diisi dengan berbagai atraksi beladiri dari berbagai perguruan, tari adat Papua serta foto bersama.

Selain melaksanakan upacara, HUT Bhayangkara ke 72 yang mengangkat tema “Dengan Semangat Promoter Polri Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019” itu, Polres Natuna juga menggelar syukuran sederhana, yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun Bhayangkara ke 72.

Laporan : Erwin Prasetio