'
'

Harga Cabai dan Bawang Jelang Natal dan Tahun Baru Naik

Harga Cabai dan Bawang Jelang Natal dan Tahun Baru Naik.

Harga Cabai dan Bawang Jelang Natal dan Tahun Baru Naik.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Harga sembako jenis cabai dan bawang mengalami kenaikan harga menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2020. Kenaikan harga terjadi di Pasar Baru Tanjungpinang mulai akhir November kemarin.

“Menjelang perayaan natal dan tahun baru kenaikan harga sembako seperti cabai dan bawang memang sering terjadi tiap tahunnya” ucap pedagang cabai dan sayur di Pasar Baru Tanjungpinang, Ahmad, Senin (2/12).

Kenaikan yang terjadi tidak langsung melonjak drastis, namun berangsur-angsur. Harga cabai merah awalnya Rp46 ribu per kg naik menjadi Rp52 ribu per kg.

Selain itu, harga cabai rawit saat ini berkisar Rp48.000 per kg yang sebelumnya Rp46.000 per kg, terjadi kenaikan Rp2.000.

“Harga bawang Jawa juga mengalami kenaikan dari Rp28.000 per kg menjadi Rp36.000 per kg. Hanya saja bawang India yang masih normal harganya untuk saat ini,” tambah pedagang.

Harga sayur mayur juga mengalami kenaikan seperti tomat saat ini Rp12-13 ribu per kg. Sebelumnya Rp10 ribu per kg dan harga terong Rp10 ribu per kg.

“Kenaikan harga sayur yang terjadi masih normal karena masih kisaran seribu,” katanya.

Ahmad menyebut, ongkos pesawat yang mahal memicu kenaikan harga sembako tersebut karena pengiriman dari luar kota, seperti dari Yogyakarta.

(cho)

Baca juga :

Top